Sabtu, 30 Maret 2013

Bebek yang bersahabat lagi menghargai

UMS perantau jiwan, sungguh pelajaran yang tiada ternilai dari sang bebek yang taat dalam persaudaraan lagi menghargai pertemanan. Dengan naluri yang alami dari Nya, sang bebek bertindak tanpa pikir panjang menelusuri jejak sang pemula dalam kehidupannya.

Week - week - week ... meskipun sekata-kata, aba-aba yang diberikan sangatlah penting dan penuh makna arti kata tersebut. Jadilah ... kata-kata tersebut sebagai "komando" kata kunci yang sangat dimengerti oleh dunia bebek membebek. Dari meri sampai indukan jantan maupun betina, si flora unggas yang sedang "naik daun" di dunia kuliner, ini juga yang menjadikan perekonomian masyarakat Indonesia bisa bertahan dalam masa krisis. Bahkan banyak milyarder yang dimulai dari dunia kuliner "Bebek" ini.

Manusia progressive mempunyai inovasi tinggi dan sangat dahsyat luar biasa untuk berkreasi dalam menciptakan karya yang mempunyai "added value" dalam hidup dan kehidupan diri serta keluarga di masa sekarang dan mendatang. Membebek dalam arti mengikuti jejak mulia para pendahulu yang baik-baik sangatlah memberi berkah dunia dan akherat. 

Week - week - week pujian sang bebek pada Tuhannya, yang selalu mereka gunakan untuk membangun harmonisasi dalam pergaulan, namun tidaklah menyombongkan diri akan kekompakan yang telah dibuatnya. Sang pimpinan akan menjadikan kata-kata yang bermakna untuk satu komando yang sangat utama mandiri sejahtera memahami kehidupan yang penuh makna ini. Syukur dengan week - week - week nya ... keteraturan, keistiqomahan akan menghasilkan kepercayaan yang "Benar" lagi "Berhikmah" ... Yuuk sahabatku kita renungkan perjalanan ini, semoga dapat manfaat dunia wal akherat. amin.
 

Cerita Bebek dan Ayam

Mas Dwi, ada cerita suatu hari ada dua sahabat yang selalu bersama kemana-mana, kalau ibaratnya manusia dia selalu bergandeng tangan serasa tak ingin terpisah sejak dia masih dalam cangkang masing-masing. Menetas sebagai kuthuk (anak ayam) dan meri (bebek cilik), sangatlah lucu penampilannya dengan bulu-bulu halus yang menyelimuti tubuhnya masin-masing. 

Subhanallah lahir dengan baik, sehat lengkap anggota tubuhnya, serta dapat makan langsung tanpa disuapin oleh induknya. Karena lahir didunia ini si kuthuk lan meri sudah tak tahu siapa bapak dan ibu biolgisnya.Itulah kodrat bagi mereka berdua, karena Technology tinggi hasil pemikiran manusia yang menetaskannya dengan ijin Tuhan Sang Khalik.

Yang menarik dari perjalanan hidup sang meri dan kuthuk, banyak sekali untuk kita cermati dan ambil pelajaran untuk kita manusia ini yang pasti ada orang tua yang mengandung dan ikut berperan tentang keberadaan kita yaitu ayah biologis kita. Dalam pertumbuhan menjelang dewasa, meri jadi bebek dan kuthuk jadi ayam. Mulailah ada diplomasi komunikasi untuk pengenalan alam semesta.

Dimulai oleh si bebek : "Yam ayam, cakep sekali bulumu ada yang melengkung dan kilatan di ekormu?" ...
Jawab si ayam lancur (ayam jantan muda): "Alhamdulillah, sudah mulai aku dapat perhiasan dari-Nya, doain yaa ku bisa mensyukurinya. Dan aku pingin sepertimu yang bisa berenang sepertimu, namun ku coba-coba nggak berhasil juga, dapat berenang sepertimu, yang lama."
Si bebek, "Yaa yam, kalau kita perhatiin. Sejak bayi kita bersama, EEee setelah dewasa tetap saja kita nggak bisa sama. Kau punya jengger, taji dan bulu yang indah. Aku diberi kemampuan untuk berenang. Yaa kita harus sadari itu semua takdir kita masing-masing, Alhamdulillah"

Di akhir komunikasi sesaat itu antara bebek dan lancur, semoga kita dapat pelajaran Amin.

Kamis, 28 Maret 2013

Alhamdulillah ini semua Karunia Mu

Suatu karunia yang dahsyat luar biasa dari Nya, Alhamdulillah hanya itu yang pantas untuk diucapkan dan implementasikan dalam perilaku yang penuh syukur atas apapun dan dimanapun kita ini ada dan berada.

Warna-warni hidup ini adalah juga karunia yang tiada henti dari-Nya untuk semua mahluk yang ada dan berada di alam raya ini. Napas dan kandungan zat-zat yang ada didalam udara Tuhan Yang Memiliki - nya, sangatlah penuh oxygen yang kita butuhkan dalam segala hal. Di langit yang terbentang luas itu banyak pelajaran yang dapat kita petik darinya, 

Hidup ini karunia, oxygen di udara yang kita serap dengan cara bernapas juga karunia, hidung yang berlubang itu karunia untuk lubang pernapasan dan kecantikan atau kegantengan paras muka kita, lubang kerongkongan sebagai saluran udara masuk yang penuh oxygen ke paru-paru itu karunia juga ada tapi tak terlihat langsung oleh mata wadak kita, paru-paru itu karunia yang harus kita yakinin ada dalam dada kita yang berfungsi menyerap oxygen yang tubuh kita perlukan ini juga karunia ... Subhanallah walhamdulillah.

Sangat banyak sekali karunia Allah Swt atas mahluk-Nya, terutama bagi kita manusia sebagai mahluk yang berderajat tinggi di antara mahluk Allah di jagat raya ini. Paru-paru tak terlihat oleh mata, ini goib, keluar dari tubuh binatang yang dipotong dengan cara syariat agama Islam menjadi dohir, ini juga karunia yang halal untuk kita makan, bila dari binatang yang halal menurut ketetapan agama Islam. Sungguh sangat banyak karunia-Nya terhadap kita ini. Alhamdulillah.

Dalam perenungan dan pengenalan diri kita yang secara fisik ini saja dapatlah menambah keimanan kita. Amin. Apalagi bila kita rajin intropeksi dan mawas diri pasti Alloh Swt berkenambah Ilmu dan Iman kita, semoga kita dapat bisa Istiqomah dan Ridho Allah. Amin.

Rabu, 27 Maret 2013

Seleksi Alam adalah Natural Sekali

UMS Banyumurni, Seorang perantau jiwan yang pasti pulang ke asalnya. Benar-benar semua akan kembali ke asalnya dengan bekal catatan-catatan perjalanan dalam rantauan yang penuh cobaan dan gangguan yang berbeda-beda setiap manusia menghadapinya, ada yang diberi keberhasilan langsung dalam waktu dekat ada yang diberi keberhasilan yang tertunda di kemudian hari atau hari akherat kelak.Kesamaan yang diterima manusia adalah hasil dari usaha itu merupakan ketetapan Yang Maha Mencipta (Sang Khalik).

 "Seleksi Alam akan berlaku terhadap siapapun" ... ini sering ku dengar dari pelatih dan seniorku juga Mas Yadi Mintorogo, saat perantau ngangsu kaweruh ing Paguron Pencak Silat beladiri tangan kosong Merpati Putih, di wilayah Mataraman Karesidenan Madiun tahun 80-an. Dengan cara seperti itu beliau juga menyemangati kami untuk rajin latihan secara periodik sesuai kurikulum perguruan. Juga beliau para senior selalu mengingatkan harmonisasi atau keseimbangan dengan alam saat latihan dan kehidupan sehari-hari tetap dijaga. 

Sungguh suatu pelajaran yang indah nian untuk selalu dikenang karena telah mendapatkan banyak pelajaran lahir batin saat pembajaan, dengan medan yang sangat alami lagi bervariasi. Subhanallah medan hutan, sawah, pematang sawah, jalan setapak, jalan raya, sungai, danau, kuburan, pantai dan lain-lain. Juga dalam cuaca atau waktu serta situasi yang berbeda-beda siang, sore, malam, pagi, dingin karena hujan, panas saat terik matahari dan situasi apapun untuk pembinaan dan pengolahan ruhani anggota Merpati Putih dari awal, sekarang dan seterusnya untuk jadikan diri yang mempunyai sikap mandiri  dalam mencari jati diri. 

Untuk mendapatkan kemampuan dalam pengendalian diri, pengenalan diri dan juga kemampuan diri yang Maju Dahsyat Luar Biasa untuk tetap disyukuri, dengan cara berlatih rutin dan menyadari akan kemampuan itu dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Di HUT MP ke 50 Tahun, banyumurni support untuk kemajuan Merpati Putih saat sekarang dan masa mendatang, dengan kemampuan yang telah dimiliki pewaris Mas Hemi dan Mas Amos sebagai penerus Guru Besar Mas Poeng, beliau berdua telah melampaui "Seleksi Alam" di perguruan MP. Jayalah Budaya Bangsaku Pencak Silat, Jaya lah Nusantaraku Terbang Tinggi lah Merpati Putih Ku semoga menambah berkah untuk semuanya. Amin.

Selasa, 26 Maret 2013

Cinta Kasih Mu tiada batas meskipun sekarang HUT ke 50

UMS Banyumurni, perantau jiwan memahami semua ini karunia-Nya, ini itu sana sini atas bawah kanan kiri depan belakang hanyalah suatu istilah untuk memudahkan identifikasi penamaan segala sesuatu yang baharu. IP Indentification Personnel diibaratkan KTP Kartu Tanda Penduduk ini sudah merupakan ketentuan sebelum semua itu berdiri sendiri dalam posisi dan situasi masing-masing.

Utama Mandiri Sejahtera memahami "Cinta Kasih Mu tiada batas" semua yang ada ini baharu, karena sebelum itu hanya Dia yang Maha Awal. Jadi awal dari segalanya adalah Allah yang Maha Kasih Sayang itu sendiri tiada yang lain. Bila ada secercah cahaya kasih sayang dalam hati seseorang itu akan ada rasa gembira dalam hati untuk dekat dan berdampingan pada yang sedang dikasih sayang. 

Wujud kasih sayang Mu itu beraneka warna dan ragamnya, Alhamdulillah ... itu yang selalu kupanjatkan dalam setiap hal dalam tarikkan napas-Mu jua. Dalam napas yang Engkau karuniakan pada kami ini adalah 
  1. Karunia kasih sayang-Mu yang menyertai hidup ini.
  2. Dengan napas-Mu selalu ada hal baru yang menambah subur semangat juangku.
  3. Bersama napas Cinta Kasih Mu tiada batas, ku dapatkan nikmat dan penerus generasiku dimasa datang karena-Mu.
  4. Dalam napas-Mu pujian syukur dan dzikir kupanjatkan pada-Mu.
Dalam samudera kehidupan ini perantau jiwan bersyukur selalu dalam perjalanan hidup dapat Ngelmu sangking Allah Swt sebagai pemberi yang tiada henti. Oleh karena itu perlu adanya ekspresi syukur dalam :
"Tarian Hati Gerakan Jiwa" HUT EMAS ke 50 Merpati Putih pukul 19.00 wib Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, 30 Maret 2013. by Mas Hemi. Cara sumbangsihku yaa seperti ini, semoga Allah Ridho dan menerima. Amin. 

Senin, 25 Maret 2013

Semangat Pegang Erat Tali Silaturahim

UMS dalam banyumurni, bakar semangat diri kobarkan perjuangan yang suci murni dalam jalani hidup ini yang penuh arti untuk mengabdi pada Yang Maha Suci. Cita-cita mulia dalam Ridho-Nya adalah visi yang utama mandiri sejahtera dalam perjuangan menyejahterakan diri dan keluarga dalam koridor aqidah islamiyah aswaja.

Mengingat globalisasi yang sangat mempengaruhi kehidupan berumah tangga maupun bernegara, ditinjau secara sosial kemasyarakatan yang selalu ada kejadian yang membuat miris di hati ini. Masing-masing orang yang tiada iman akan mudah sekali terpengaruh oleh keadaan yang terjadi pada diri maupun sekitar mereka. Banyak kejadian yang mengenaskan diantaranya, hubungan yang tidak baik antara suami istri yang telah puluhan tahun menikah terjadi perselingkuhan salah satu diantara mereka tega membunuh bahkan memutilasi pasangannya sendiri. Ada juga karena perlakuan orang tua yang tidak bijaksana atau dianggap tidak baik terhadap anak misal: memukul hingga memar, atau cacat dan lain-lain, anak melaporkan ke pihak yang berwajib terjadi proses pengadilan sehingga bapak kandungnyaa sendiri masuk penjara karena anak sendiri. Lebih miris lagi ada seorang ibu yang telah merawat anaknya hingga usia balita yang kondisi tidak sehat, karena anak menangis dan tidak punya uang untuk berobat tega membenturkan kepala anaknya di kamar mandi puskesmas hingga meninggal. dan masih banyak lagi peristiwa di masyarakata bawah atau wong cilik ekonomi lemah.

Dan pengaruh globalisasi bagi masyarakat ekonomi atas atau pejabat kerah putih, di bidang legislative, yudicative atau executive tidak kalah heboh atau miris di hati ini. Mereka sebagian orang-orang terpelajar, orang berlatar belakang kaya, biasa dalam kehidupan glamor,  pergaulan bebas dan lain-lain.

Semua itu hanya bisa bertahan baik, bila iman didada kuat dan tiada kebohongan dan selalu Silaturahim.

Sabtu, 23 Maret 2013

Tari Cinta Ku

Haji Dwi Sugiarto, merasakan sekali akan kasih sayang cinta yang datang dan tak pernah pergi selamanya. Duhai banyumurni kasih Illahi, menyatukan diri dalam ghirah semangat tak luntur ditelan jaman. Cinta abadi jadikan diri penuh arti lagi makna bagi hidup ini yang tak pernah diminta lagi dipilih manusia manapun, semua itu merupakan karunia dari Tari Cinta Ku.

Kasih sayang abadi tercurah dari Sang Maha Berkehendak, Maha Kuasa akan Alam semesta raya ini. Kalam terucap dalam cipta-Nya, "Jadilah" ... maka terjadilah. Dalam kuasa yang mutlak atas semua yang ada maupun tiada, yang mungkin maupun tak mungkin bagi-Nya dalam Tari Cinta timbul pasrah tiada tara hamba pada tuhannya. Tari sufi buah karya kepasrahan Syaikh Rumi, dalam kontempelasi hidup diri dalam ruhani jati yang berarti manunggal dalam rotasi Illahi. Putaran pada poros hidup ini sudah merupakan kehendak yang Maha Berkehendak atas alam raya ini. Langit bumi, samudera ibu pertiwi dan semua didalamnya memaknai tasbih yang tiada henti bukti pujian dan syukur atas karunia yang jadi nikmat untuk dinikmati hingga jadi diri sejati.

Tari ekspresi diri dan jiwa yang mandiri dalam alam kebebasan menyampaikan wujud puja puji pada illahi yang memberi hidup dan menghidupkan dalam alam kematian. Pasrah tawakkal mutlak tuk dapat kuat bertahan dalam pusaran kehidupan yang dinamis, penuh perubahan yang merupak sunatullah, ini perlu latihan - latihan tiada henti. Pusaran sebagai titik tumpu ketuhanan dalam cinta sejati karena semua ada disitu, satu titik Tari Cinta Ku. Banyumurni dalam utama mandiri sejahtera memahami bersama pembaca yang budiman akan mendapatkan keberkahan dari tuhan yang maha memberkahi. Amin.

Salam sahabat nusantara.

Kamis, 21 Maret 2013

Meskipun Yang Terlemah tapi ini Yang Pasti Pass

Utama Mandiri , sudah seharusnya ada perbaikan, sumber darimana saja idea atau gagasan yang ada atau muncul itu. Setiap peristiwa ada hubungan dengan pihak lain atau terjadi pasti ada kaitannya dengan masa sebelumnya, catatan kejadian itu ada dalam otak dan pikiran kita apapun peristiwa yang kita lalui itu merupakan karunia-Nya. Patut dan sewajarnyalah peristiwa itu kita pilah dan pilih antara yang baik dan benar, salah atau tak bermanfaat, ilmu pengetahuan atau kejadian yang mengenaskan hati sehingga trauma dalam perjalanan hidup selanjutnya.

Dalam peristiwa yang baik, benar dan terkesan kuat dalam hati dan pikiran  inilah yang akan menjadikan seseorang menjadi penting dalam kehidupan bermasyarakatnya. Kerohanian manusia itu selalu berubah-ubah setiap saat, karena sebagai masyarakat sosial menjalankan ketentuan atau takdir illahi bagi dirinya. Keterbatasan akan daya dan upaya sebagai anak yang baru tumbuh untuk menjadi dewasa sangatlah memerlukan  untuk penguat jiwa yang dikandung badan ini. 

Kekuatan dan kemampuan yang dibutuhkan manusia yang mau berubah menjadi yang lebih baik atau bermanfaat untuk diri sendiri dan keluarga, serta masyarakat yang lebih luas sudah tersedia, karena Allah penuh kasih sayang pada mahluknya. Manusia adalah mahluk yang utama penuh jiwa Professional and Transparancy yang mana terangkum dalam kata jujur. Dalam hati masyarakat nusantara yang berbangsa
Indonesia dan Pancasila  ini ada benih-benih kebaikan  yang natural original untuk selalu mau tolong -menolong atau disebut gotong royong. Meskipun lemah kemampuan fisik para orang tua dulu, namun keyakinan dalam hatilah yang menjadikan mereka kuat dalam mencapai cita-cita kemerdekaan, jadilah NKRI dengan semboyan Bhineka tunggal Ika. Jayalah negriku Indonesia Raya. Salam utama mandiri sejahtera memahami banyumurni dalam doaibuanak sepanjang masa. Berkah-berkah=berkah.

Rabu, 20 Maret 2013

Duka mendalam IPSI dan Persilat dengan meninggalnya Mas O'ong Maryono

Banyumurni, salah satu pecinta pencak silat turut berduka yang sedalam dalamnya, karena tokoh pendekar KPS Nusantara, IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) dan Persilat (Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa) atau the International Pencak Silat Federation  telah kembali ke rahmatullah pesilat atau pendekar pencak silat era 1970 ~ 1980-an ini , yang telah mengharumkan nama pencak silat dimata dunia. Sahabat, pecinta pencak silat Bapak Oong Maryono, hari ini Kamis, 20 Maret 2013, di Singapura. please profile :  

Profile Oong Maryono.

Sungguh contoh yang sangat baik dari almarhum yang riil di alam nyata ini, cinta dan aplikasi yang tiada henti dalam mengembangkan pencak silat serta mengenalkannya di tingkat national maupun international, hingga ajal menjemput. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa beliau, serta menempatkan ditempat yang sebaik-baiknya. Keluarga dan komunitas yang dibangunnya tetap tabah kuat dalam perjuang mengembangkan silat dan pelajaran adi luhur nusantara ini. Amin.

Seorang pendekar dari KPS Nusantara, yang sejak usia 9 tahun telah mempelajari pencak silat. Dengan dedikasi dan loyalitas tinggi dalam cintanya terhadap budaya nenek moyang bangsa Indonesia ini, beliau dapat tempat di hati masyarakat Indonesia dan dunia International akan perjuangannya dan cintanya terhadap pencak silat. Salah satu penggerak yang punya kompetensi memadai dibidangnya. Semoga generasi penerusnya dapat meneruskan, juga banyumurni berharap terhadap pewaris PPS Betako Merpati Putih Mas Hemi dan Mas Amos, bisa dapat manfaat dalam menempuh perjalanan pengembangan pencak silat sebagai penerus dari Sang Guru Besar Mas Poeng dan tokoh lain seperti Mas Oong Maryono ini. Amin.
 
Kami banyumurni bersama utama mandiri sejahtera memahami akan adanya generasi selanjutnya yang dapat berkiprah dengan tepat dan benar dalam pengembangan pencak silat, di masa datang. Dengan kepemimpinan Bapak Prabowo Subianto, pencak silat akan semakin jaya dan berkah. Amin.


Selasa, 19 Maret 2013

Nasi Uduk kuliner khas Betawi

Banyumurni mengerti bahasa komunikasi antar manusia di suatu daerah di nusantara ini banyak aneka ragam cara mengekspresikannya, ada yang berupa budaya atau adat istiadat daerah masing-masing.  Ada bahasa verbal, adat kebiasaan kerjasama, hasil produk karya kesenian daerah, produk seni tari atau seni suara dan tidak kalah menarik tentang kuliner masing-masing daerah yang berbeda.

Antara lain dengan kuliner yaitu makanan khas yang telah diciptakan didaerah tertentu oleh para leluhur mereka. Dari kuliner ini saja telah muncul kreatifitas masyarakat yang masih serumpun, bisa hampir sama jenis masakkannya namun bahan hampir sama tapi penampilan berbeda, rasa produk hampir sama.

Utama mandiri sejahtera memahami bersama Haji Dwi Sugiarto  dalam hal masak memasak atau kuliner ini memperhatikan makanan khas daerah di Indonesia antara lain kuliner di pulau Jawa sekitarnya. Ada nasi pecel, gado-gado, karedok, kethoprak dan nasi uduk, semua jenis kuliner itu memakai sambal dan ada bahan kacang tanahnya. Inilah variasi seni budaya bangsa Indonesia yang terpengaruh pula kesuburan wilayah tempat inggal beliau-beliau dahulu. 

Nasi uduk adalah satu makanan khas betawi, DKI Jakarta yang mana mempunyai rasa special luar biasa dibanding makanan wilayah lain di Indonesia ini. Ciri-ciri nasi uduk adalah :
  1. Nasi dimasak dengan air santan kelapa, yang didalamnya ada rempah-rempah, batang serai, daun salam penyedap rasa dan wangi baunya, ada juga yang pakai cengkeh, jangan lupa garam secukupnya.
  2. Sambal bawang yang agak pedas dan dicampuri kacang tanah yang diulek / tumbuk halus, dengan air yang cukup agak cair.    
  3. Bihun biasa perlu ditambahkan secukupnya,
  4. Tempe kering (bhs Jawa) atau tempe orek (Bhs Betawi).
Itu pasangan kuliner yang selalu disukai oleh masyarakat betawi untuk sarapan pada umumnya pagi hari, karena harga sangat terjangkau Rp 3.000,- per bungkus. Kuliner ini pula yang menjadikan pertahanan ekonomi masyarakat bawah di Betawi ini , di Jakarta Raya ini bertahan hidup perlu kreatif dan berjuang tiada henti. Semoga contoh kuliner ini bermanfaat bagi para pembaca yang budiman mendapatkan berkah. Amin, Slam berkah sobat nusantara.

Burungku Berkicau

Dalam bermasyarakat yang harmonis bagaikan burung yang telah jinak berkicau meskipun dalam sangkar, burungku berkicau sebagaimana dia hidup di alam bebas yang telah biasa dijalani. Kicauan yang indah merdu lagi enak didengar telinga dengan nyaman untuk dinikmati.

Suara merdu dari dalam sangkar emas burungku berkicau dengan satu keyakinan tinggi, bahwa suara yang dilontarkan akan diterima dengan baik sang pendengar. Para penikmat melodious voice (suara merdu) adalah sang pemilik burung berkicau itu, dia selalu memberikan perhatian yang cukup terhadap burung peliharaannya untuk sehat dan kuat selalu sehingga dapat berkicau dengan baik.

Kicauan yang dihasilkan adalah nasehat dari hati yang tulus murni seorang agamawan yang benar religius kerohaniannya. Manusia yang beriman bagaikakan burung dalam sangkar, yang penuh percaya diri akan :
  1. Rizki dari Allah yang  selalu mencukupi kebutuhannya.
  2. Karunia perlindungan dari Allah terhadap dirinya dari bahaya yang mungkin datang.
  3. Dipenuhinya bimbingan untuk menjadi manusia yang mengahsilkan karya utama yang bermanfaat dialam diri dan sekitarnya.
  4. Dijadikannya kupu-kupu yang indah setelah keluar dari pertapaannya jadi kepompong, karena orang beriman dalam sangkar itu sebagai batasan gerak langkah dalam hidupnya.
Sungguh banyumurni dalam utama mandiri sejahtera memahami akan sifat dan sikap orang beriman itu selalu memposisikan dalam aturan (sangkar) yang telah ditetapkan oleh Sang Khalik. Semoga jadi manusia yang sempurna.

Senin, 18 Maret 2013

Perjuangan harus dilanjutkan pasti ada jalan berhasil

Sebagai manusia yang bercita-cita, untuk kebaikan diri dan keluarga serta mengabdi untuk kemaslahatan umat dan ridho Allah, tiada lelah berjuang dan intropeksi untuk menguatkan perjuangan yang mulia dalam hasil yang maksimal. 

Dasar yang sempurna telah diajarkan Allah, "Jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka". Cita-cita mulia para penyuka kebenaran yang abadi, pasti "Bahagia di dunia dan bahagia di akherat, serta memohon dijauhkan dari siksa api neraka". Berdasarkan dua hal tersebut sangatlah ideal lagi penting untuk menguatkan perjuangan yang tiada habis tenaga dan semangat untuk mencapainya. Para pemimpin yang paling kecil dari diri sendiri dan keluarga sebagai komunitas terdekat, mesthi selalu menilai langkah dan hasil yang dicapai setiap saat. Tafakur (berfikir serius) dan intropeksi / evaluasi langkah yang telah dilalui benar atau tidak arahnya, hal ini penting untuk mengukur keberhasilan perjuangan yang telah dilakukan sampai detik ini.

Bila hasil belum maksimal atau tidak sesuai rencana? Lakukan penilaian yang menyeluruh dari hal-hal yang terkait, misalnya : 1. Penargetan apa sudah benar? 2. Rencana pencapaian target yang ditetapkan apakah tahapannya sudah benar? 3. Bahan atau permodalan yang dipakai nanti tersedia dengan komplit dan mudah untuk dipergunakan dengan efisien atau tepat guna?  4. Pelaksana dari rencana ini apa sudah jelas dan mengerti akan langkah-langkah yang harus ditempuh?  5. Pengawasan atau evaluasi yang dilakukan secara rutin dilakukan dan gagasan perbaikannya dilaksanakan? 6. Kembali periksa sasaran target itu tepat guna atau perlu perbaikan? 7. Bila ada perbaikan sosialisasikan lagi ke yang terkait dan ulangi tahap demi tahap. Semoga bermanfaat, lagi maju dahsyat luar biasa dalam segala perjuangan dan ridho Allah didapatkan, Amin.

Evaluasi atau intropeksi diri, inilah atom atau molekul yang sangatlah penting untuk dilakukan demi langkah dan perbuatan hari ini lebih baik dari kemarin, dan besok akan lebih mulia dari hari ini. Jadikan kami dan keluarga kami sakinah mawaddah wa rahmah. Amin. Salam berkah nusantara bersama banyumurni.

Minggu, 17 Maret 2013

Berbahagia bersamamu dalam Maulid Nabi Muhammad Saw

Tiada yang melampaui sebutanmu selain Dia. Maju dahsyat luar biasa tiada tara bandingnya, Asmamu yang disampaikan sholawat-Nya untukmu. Berbahagia bersamamu dalam Kasih Allah atasmu kanjeng Nabi Muhammad Saw, karena Allah telah mengajarkan bagi kita mahluk-Nya untuk selalu memposisikan Nabi Akhir jaman ini sesuai peorsinya.

"Innallaha wal malaikatahu, yusholluna alan nabiy, yaa ayyuhalladzina amanuu shollu alaihi wa sallimu taslima." Allahumma sholli wassalim alaihi. Suatu pelajaran yang tiada didahului oleh Allah, sebelum perintah itu diberikan pada orang-orang yang beriman, kecuali bersholawat.

Maulid Nabi Muhammad Saw, tema "Memperkokoh Persatuan Umat",  yang diprakarsai oleh PWNU dan PCNU se-DKI Jakarta , tanggal L 17 Maret 2013, jam 07.00~Selsai ... di kantor PWNU DKI Jakarta, Jl.Talang, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam berkomunikasi dengan Nabi Muhammad Saw, kita diajarkan oleh Allah dengan bersholawat terlebih dahulu, barulah kita dapat syafa'at beliau. Banyak jenis bacaan sholawat yang telah diajarkan beliau langsung maupun tidak langsung (mimpi). Dalam kehidupan ini nama beliau sajalah yang disebut manusia, setiap detik, menit, jam, hari dan seterus. Dalam cinta kasih sayang yang tulus murni, nama kekasih selalu sering disebut. Maulid Nabi Muhammad Saw, selalu menyebut nama beliau dalam riwayat hidup beliau. Semoga dengan kita bersholawat yang iklash kepada beliau, pasti keberkahan dan syafa'atnya kita dapatkan karena Allah. Amin.

Salam berkah Sobat yang bersholawat atas Nabi. Shollallahu ala Muhammad. Saw.

Banjir melanda beberapa rumah di Gandaria

Dwi Sugiarto, hujan deras dua jam membanjiri melewati beberapa rumah di Jl. Gandaria Pekayon Pasar Rebo Jakarta Timur 13710. Cuaca terang siang hari duhur saat itu, cahaya mentari terang benderang terasa gerah di badan berkeringat. Beberapa menit kemudian bersama angin kencang datanglah hujan rintik-rintik dengan volume yang sebesar kerikil. Tak lama kemudian hujan deras datang bersamaan dengan petir menyambar-nyambar dan menunujkkan kilatan cahaya kuning membara sekejap mata.

Dari kios ku terlihat sungai baru hanya sedalam lebih kurang sepuluh centimeter dari permukaan jalan, kenapa hal ini terjadi saat ini 16 Maret 2013 jam 14.00~15.00 kira2 lebih dari 2,5 jam. Cukup merepotkan sebagian masyarakat yang rumahnya digenangi air meskipun sesaat, tetap saja ini ada penyebabnya. Perlu kita renungkan sesaat dan dipikirkan solusinya tentang banjir yang cukup mengganggu saat hujan deras tiba-tiba datang. Sepanjang jalan Gandaria sekitar jalan Kopi, jadilah tempuran air dari tiga arah yang berbeda mulai dari utara, barat dan selatan menuju satu arah, disinilah terjadi bottle neck air mengalir, sehingga toko Bang Rahmat sempat dilalui air yang tak disangka-sangka itu datang masuk toko membasahi apa saja yang ada dilantai toko.

Dari perhatian, pengamatan dan analisa banyumurni, ada kekurangan fasilitas saluran air dari tiga arah itu, untuk masa-masa hujan deras. Oleh karena itu perlulah turun tangan yang lebih maksimal lagi serius dari pihak terkait dalam pembangunan fasilitas masyarakat ini. Bila perlu adanya cek-ricek antara program yang diajukan perwakilan masyarakat itu sudah sesuai kebutuhan mendesak di masyarakat? Dan tinjauan pelaksanaan program itu sesuai atau tidak dengan anggaran yang telah di approval? ... Monggo pihak-pihak yang terkait untuk review. Salam Berkah Nusantara.    

Sabtu, 16 Maret 2013

Focus pointed to concentration


Banyu Murni , belajar dan belajar serta belajar tiada henti, untuk dapatkan arti dan makna kenal diri yang sejati, dalam utama mandiri sejahtera memahami akan makna perjalanan hidup yang bagaikan roda. Orang banyak menyebutnya "Roda Kehidupan" dalam masyarakat awan yang belum semua mengenyam arti pendidikan formal yang diwajibkan government sembilan tahun. 

Nasib dan Takdir yang tiada terpisahkan dalam hidup ini bagi manusia yang berakal sangatlah dapat untuk menguatkan iman dan keyakinan hati akan kuasa Illahi Robbi Izzati. Seorang mukmin yang selalu berdo'a dengan serta rutin dilakukan focus pada isi makna do'a itu, yakin akan dikabulkan do'a itu. Focus pointed to concentration membutuhkan   yang dahsyat kluar biasa untuk keberhasilan dalam mencapai visi dan misi hidup yang mulia ini.

Para pembaca yang budiman untuk mendapat hasil yang maksimal, penulis perantau jiwan mengajak merenung serta meresapi puisi berikut ini :

Janganlah berkedip sebelum TITIK itu kau tangkap
Perjelas alur titik itu kemana ARAH
Searah atau tidak ... semua punya DAYA
TITIK ARAH DAYA ... ke SATU
Tiada lain lagi ...


Satu tujuan yang terus diusahakan bersamaan dengan do'a yang tiada henti, dlam keyakinan akan berhasil, pasti akan di beri hasil yang melebihi yang diharapkan oleh Allah Swt. Catatan banyumurni konsentrasi yang penting adalah focus dan terus fokus, tak meninggalkan untuk evaluasi tentang kemajuan yang didapatkan. Diulang-ulang akan jadi mahir dan penuh kompetensi untuk dibidang tersebut.

Salam berkah nusantara. 

Jumat, 15 Maret 2013

Istana Mutiara yang Indah Tiada Tara

Banyumurni, bercermin kasih yang dalam hati sanubari tidak henti terus terpatri. Duhai cintaku yang abadi dalam pelukan, sungguh takkan tergantikan oleh apapun diantara alam langit dan bumi. Kasih tiada habis ditelan jaman sangatlah penting untuk dikuatkan dalam hati kita-kita sebagai anak yang terlahir dari rahimnya. Dengan sepenuh  dalam merawat diri untuk si buah hati yang selalu dinanti bersama kekasih hati dengan dalam memadu kasih untuk Kasih Abadi.

Ada riwayat yang sangat menakjubkan untuk kita simak dengan cermat akan makna Ibu dalam kehidupan ini. Saat pengajian riungan jiping (mengaji kuping atau mendengarkan bacaan serta penjelasan dari sang guru atau kyai) beliau menyampaikan dijaman Kanjeng Nabi Sulaiman As, beliau seorang nabi yang memiliki kekayaan ilmu pengetahuan dan harta benda yang luar biasa tak ada mahluk lain yang diberi kekuasaan melebihi beliau. 

Suatu saat Nabi Sulaiman As berjalan-jalan di tepi samudera luas tiada tara, dari kejauhan beliau melihat di dasar samudera ada cahaya yang terang benderang. Dengan ijin Allah dipanggillah barang yang didasar laut itu untuk mendekat beliau. Dengan kekuasaan Allah yang telah diberikan kepada Nabi Sulaiman As, benda yang bercahaya kemilau tersebut datang dan mendekat. Lama-lama semakin jelas bentuknya adalah Istana Mutiara yang Indah Tiada Tara, dan di dalamnya tergambar seorang pemuda laki-laki yang sedang khusuk sujud saat itu.

Dengan ijin Allah, terjadilah dialog antara Nabi Sulaiman As dengan pemuda itu. 
Nabi bertanya, "Bagaimana kamu bisa berada di tempat yang seindah ini, hai anak muda? Tolong ceritakan padaku asal usulnya."  Karena pemuda itu seorang anak yang soleh dan telah mengerti berhadapan dengan seorang Nabi yang Mulia, dia bercerita apa adanya, "Wahai Nabi Allah, saya bisa berada di Istana Mutiara yang Indah Tiada Tara ini, karrena doa ibuku. Saat beliau tua renta saya selalu menggendong dan memberinya makan dan keperluan lainnya, saya melakukannya dengan tulus iklash hingga beliau berdoa sebelum akhir hayatnya untukku. Doa beliau "Yaa Allah cukupkanlah kebutuhan anakku ini, dan  tempatkanlah dia tidak dilangit dan tidak dibumi, Amin". Begitulah Nabi yang terjadi padaku"  kata pemuda itu selanjutnya.

Pembaca yang budiman mendapatkan pelajaran yang baik untuk kita cermati dan ditiru dalam kehidupan sehari-hari, semoga kita dijadikan orang baik lagi soleh dan solehah. Amin.   

Jakarta Baru Kotaku

Banyumurni, merasakan banyaknya hal-hal baru di Ibukota NKRI in setelah terlewatinya pilgub atau pilkada yang terjadi di tahun 2012 yang lalu. Jakarta menjadi Jakarta Baru ini istilah yang sering terlontar dadalam kehidupan sekarang ini, baik di media maupun kehidupan birokrasi juga di masyarakat sosial, setelah Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta yaitu Jokowi-Ahok dilatik.

Route show yang sering diistilahkan blusukan sudah menjadi kebiasaan Gubernur Jokowi, untuk melihat dan mempelajari kenyataan yang dihadapi rakyatnya. Ini merupakan sesuatu yang sangat penting untuk mendapatkan kesimpulan riil dari rakyat dibandingkan dengan program atau laporan yang dibuat bawahannya. Ini hal yang belum pernah dilakukan rutin oleh gubernur - gubernur  DKI Jakarta sebelumnya. Dan kebijakan dan usulan para penduhulunya pun dipelajari dan dibahas terbuka dengan yang pihak terkait dari stakeholder, ini bukti sebagai penerus yang tidak pernah meninggalkan Jasmerah.

Bapak Ahok juga menunjukkan show aktifitasnya dalam memimpin aparatur DKI Jakarta yang selalu diharapkan terbuka dan jujur hali ini dapat dilihat videonya di Youtube. Sesuatu yang baru juga disosialisasikan aktifitas wakil gubernur untuk dapat dilihat masyarakat, ini juga pelajaran baru bagi pendewasaan politik bangsa Indonesia. Dalam hai ini utama mandiri sejahtera memahami akan perlunya mendekati pentingnya informasi hasil kinerja para wakilnya. Pendidikan moral legowo bagi pendukung yang tidak terpilihpun harus dilakukan untuk kemajuan dan kejayaan bangsa ini. 
Salam Berkah Nusantara.

Rabu, 13 Maret 2013

Dirimu dan Diriku yang kucinta

Dwi Sugiarto, mersakan akan kasih dan sayang itu tiada habis terus mengalir tak terbatas pada hamba-Nya yang selalu taat menjalankan aturan serta tuntunan-Nya. Soleh dan solehah, kata yang selalu berpasangan, mukmin dan mukminin kata yang menunjukkan seorang beriman laki-laki dan perempuan, laki-laki dan perempuan juga pria dan wanita menunjukkan pasangan yang takkan terpisahkan sepanjang masa. Ini pasangan plus minus dalam kodrat illahi robbi dalam sunatullah-Nya.

Pasangan adalah suatu ketentuan dalam hal ini banyumurni dalam utama mandiri sejahtera memahami kudrat berdampingan kanan kiri, atas bawah, top down, buttom up, jantan betina, dan masih banyak lagi yang lainnya semua itu dari Tuhan yang Maha Kuasa. Pembaca yang budiman mendapatkan hal baru itupun sebagai penyeimbang dari hal yang lama agar tercpita akan keharmonisan jiwa dan raga sehingga dapatlah diterimanya akan sehat walafiat.

Duhai pasanganku kau penuh dengan kasih sayang dalam cita dan cinta, dalam dirimu dan diriku yang kucinta ini hanya ku harapkan aka kasih sayang abadi. Abadi dalam jiwa raga sampai sukma dibawa ruh kepada Illahi Rabbi Izzati. Ar-Rahman Ar Rahim pasang sejati yang memberkahi. Amin.

Kekasihku yang
Dirimu dan diriku yang kucinta
Citamu yang  t
Ku yakin akan keberadaanmu 

Duh Gusti Kang Moho Welas Asih
Ku pasrahken dumateng Panjenengan ... Amin
Bismillah ... Alhamdulillah.

Salam Berkah Nusantara bersama Banyumurni.

Budaya Adi Luhur Nusantara

Dwi Sugiarto, berdiri dalam kasih-sayangnya nenek moyang nusantara negriku tercinta Indonesia. Edi peni dalam perbuatan yang memberikan manfaat lebih luas di masa sekarang dan masa datang. Silaturahim tiada henti tuk diberlakukan dalam hidup ini yang penuh dengan perubahan dan pelajaran untuk peningkatan tarap hidup diri dan keluarga.

Pembaca yang budiman mendapatkan pelajaran yang sungguh super dahsyat luar biasa saat utama mandiri sejahtera memahami arti kata budaya adi luhur nusantara, ini adalah ciri khas bangsa Indonesia sejak masa kerajaan, perjuangan saat penjajahan negeri Eropa, Portugis, Belanda, Inggris bersama NICA dan Jepang. Kalau ditilik akan adanya sejarah peninggalan manusia purba yang pernah di temukan di daerah Sangiran Jawa, ini menunjukkan budaya di nusantara ini telah ada sejak jaman purba. Juga dapat diperhatikan akan adanya hasil karya sansekerta, tulisan jawa kuno dan modern berdasarkan cerita ajisaka. Juga dapat ditilik dari perkembangan kerajaan-kerajaan yang sejak jaman Syailendra, Sriwijaya, Majapahit, Mataram, Demak, hingga Mataram modern. Maka terlahirlah negeri tercinta ini di jaman modern ini yaitu NKRI Negara Kesatuan Republik Indonesia, hasil buah perjuangan para pahlawan yang juga berperan Soekarno-Hatta, sebagai bapak proklamator dan juga disebut dwi tungal proklamator negri tercinta ini.

Budaya adi luhur nusantara ini kalau kita perhatikan dengan sungguh-sungguh sangatlah banyak dan utama, yaitu dari sisi teologi yang selalu berkembang dengan menyesuaikan perkembangan jaman, mulai animisme, dinamisme, budha, hindu, kristen, islam, dst. Toleransi inilah yang menjadikan kuat dan besarnya persatuan dan kesatuan, dari sisi kepulauan, budaya yang berbeda-beda karena suku bangsa yang banyak. Tetaplah satu Indonesiaku jaya.

Salam berkah budaya adi luhur nusantara.

Selasa, 12 Maret 2013

Do'a sehari-hari tamu ke rumah Allah

Banyumurni, setiap saat ada hal baik selalu didapatkan dalam utama mandiri sejahtera memahami hidup dalam kehidupan sejati ini, yang selalu dinamis lagi harmonis terhadap perubahan-perubahan alam. Indah lagi penuh berkah dalam menerima dan menikmati hidup ini. 

Kita bertandang datang ke saudara, sahabat, teman, keluarga kita tentunya punya maksud tuk sekarang maupun masa datang. Lebih sempurnanya maksud kita itu sebagai tamu tambahkan niat baik yang tulus, akan diberlakukan seperti raja atau ratu selalu dalam perhatian dan pelayanan tuan rumah. Sebagai manusia yang bijak baik sebagai tamu maupun tuan rumah pasti akan mendapatkan karunia yang tiada tara buat berdua.

Sebagai muslim ataupun muslimah yang telah dimampukan oleh Allah Swt, sangatlah ditekankan untuk segera memenuhi kewajibannya menunaika ibadah haji atau umroh ke rumah Allah Ka'bah Al Mukkarommah. Saat berkunjung menunaikan kewajiban itu sangatlah mustajab do'a-doa yang dipanjatkan, sesuai tuntunan dalam
Bacaan do’a sehari hari Islam dalam waktu dan tempat mustajab , khususnya di sekitar Baitullah Ka'bah : 

  •  Disaat kita melihat Ka'bah
  • Saat di Thawab
  • Saat di Multazam
  • Saat di Hajar Aswad
  • Saat di Hijir Ismail
  • Saat di Bukit Shafa
  • Saat di Bukit Marwah 
  • Saat di Kota Makkah Al Mukkarommah
  • dan sebagainya.
Sangatlah patut bagi kita tamu untuk selalu berterima kasih lagi bersyukur atas karunia Allah yang diberikan pada kita setiap saat. Monggo kita kuatkan iman islam dan pengamalan ilmu yang pernah kita dapatkan dengan harapan akan karunia ridho Allah pada kita amin. Do'a sehari-hari tamu ke rumah Allah, tidaklah bergantung pada bahasa Arab, Indonesia, Inggris atau daerah-daerah, namun semua bahasa pasti Allah mengerti, oleh karena itu kita pakai bahasa yang dapat kita mengerti maksud kita sendiri. Allah tergantung pada persangkaan hambanya.

Yuuk kita berlatih untuk menjadi seorang telaten dan taat dalam aqidah islamiyah ahli sunnah wal jamaah setiap saat atau hari. Semoga pembaca yang budiman mendapatkan manfaat. Amin.
Salam berkah nusantara.


Senin, 11 Maret 2013

SILATurahim dan Do'a sehari-hari Islam

Banyu murni, dalam perjalanan sebagai perantau jiwan banyumurni mempunyai sedikit pengalaman SILATurahim yang hanya sebesar satu butir pasir besi dalam bangunan gedung yang megah pada jaman globalisasi ini. Puji syukur atas karunia Tuhan yang Maha Memberi atas karunia ini, khususnya di alam  Nusantara yang penuh dengan aneka ragam hasil bumi dan tambang logam mulia, lagi oxygen yang tersedia banyak sekali dari hasil hutan tropis, karena berada di garis jamrut katulistiwa.

Suatu hari yang cerah penuh semangat bersama sahabat utama mandiri sejahtera memahami silaturahim itu akan memberikan banyak kenikmatan kepada yang benar-benar bisa melakukan secara benar dan rutin, sampai istiqomah. Hanya orang-orang beriman yang dapat melaksanakan silaturahim itu, karena perlu kekuatan tersendiri dalam berkomunikasi terhadap orang baik lagi berilmu dihadapan Allah itu. Namun kita sebagai orang awam tidaklah perlu kuatir, karena nilai yang didapatkan dalam pergaulan itu ada pada niat awal.

Silaturahim dalam Islam sangatlah erat dengan do'a sehari-hari, catatan kosa kata atau records tentang silaturahim itu akan mendapatkan urine (URI-ne) yang mana dalam penjelasan sederhananya sebagai berikut: 
  1. Uri-ne pertama adalah Umur akan ditambah oleh Allah, karena dalam silaturahim itu orang akan bergembira, bercakap-cakap, tersenyum, bahagia dan banyak sikap positif yang didapatkan, ini akan menambah semangat hidup dan menjadi lebih produktif.
  2. Uri-ne kedua adalah Rizki akan ditambahkan oleh Allah, karena tuan rumah yang paham akan manfat silaturahim akan menerima tamu dengan baik, disapa dengan senyum dan tegur sapa mulia, dipersilakan masuk rumah untuk duduk dengan baik, lalu menyediakan minum dan makanan, juga dapat informasi yang menambah peluang usaha dimasa sekarang dan berikutnya. 
  3. Uri-ne ketiga adalah Ilmu akan ditambah oleh Allah SWT, dalam silaturahim selalu ada tukar pikiran untuk saling ajar, asih, asuh diantara mereka.
Semoga hal ini bermanfaat big kita semua. Amin.
Salam Berkah Nusantara.
  
 
 

Do'a Ibu yang melahikan buah hati suci

Banyumurni, dalam study alami lagi natural dalam alam nyata ini dan tak terlepaskan dari usaha dalam utama mandiri sejahtera memahami akan pentingnya peran ibu, umi dalam kehidupan sejati seorang manusia yang dilahirkan di dunia baru yang penuh gejolak dan tantangan.

Sebagai manusia yang normal dan tahu diri pasti akan menelusur banyumurni dalam diri yang sesungguhnya, patutlah kita mengenal secara dalam akan kebiasaan yang telah ibu perlakukan kepada kita mulai saat sebelum dan saat sesudah kita dilahirkan. Coba renungkan hidup ini yang terjadi dalam diri manusia ini yang pasti ada jasmani dan rohani, yang masing-masing punya makanan sejati untuk menjadi orang yang mulia dan dimuliakan.

Sungguh mulia beliau ibu kita ini yang selalu menerapkan serta merutinkan akan amalan mulia di kehidupannya akan do'a untuk anaknya seperti dalam blog, http://doaibuanak.blogspot.com/ 
Dengan demikian ibu juga mendapatkan manfaat dalam ibadah untuk menjadikan anak yang soleh dan solehah, beliau menciptakan investasi mulia yang tiada tara manfaatnya sampai akhir jaman. Jadilah beliau juga seorang yang menegakkan sunatullah. Amin.

Semua amalan yang dimulai dengan membaca Bismillah ... dalam banyumurninya akam diberikan kebaikan, keberkahan, keselamatan dalam segala hal dikerjakannya baik sendiri maupaun secara berjamaah. Slam nusantara yang bermanfaat untuk membangun bangsa Indonesia Raya Merdeka.




Minggu, 10 Maret 2013

Dunia Baru Yang Menjanjikan

Dwi Sugiarto, dalam perkembangan jaman sekarang ini banyak terjadi perubahan yang mendadak atau tak disangka-sangka pada perilaku manusia, ini jaman globalisasi modern yang banyak dipengaruhi oleh kejadian-kejadian nyata dimasyarakat. Antara lain pengaruh kehidupan orang-orang politik, orang kaya baru (misalnya : pejabat bupait, walikota, gubernur, pejabat penting lainnya di negara ini tidak terlepas pula di dunia ketentaraan atau kepolisian).

Sebagai mana yang utama mandiri sejahtera memahami akan kejadian tersebut pasti dipengaruhi oleh peristiwa sebelumnya, Jaman dunia baru yang menjajikan disini bila kehidupan ini masih banyak orang ber-istighfar lagi menegakkan kejujuran. Contoh riil atau nyata pada jaman dahulu yang telah dilakukan oleh Syaikh Abdul Qadir Al Jaelani seperti dalam Professional and Transparancy 

Dalam hal ini Sulthoni Auliya Syaikh abdul Qadir al Jaelani di waktu muda telah memberikan dunia baru yang menjanjikan kepada seorang perampok atau bromocorah yang telah merampok kafilah saudagar kaya dan beliau saat itu ada disana. Perampok tersebut diangkat menjadi murid pertama beliau karena meminta kepada syaikh, setelah syaikh menjelaskan akan sikap jujur itu menrupakan amanah ibundanya untuk dapat
Terbanglah Tinggi Setinggi Langit .

Dalam hal ini penting untuk dapatnya keberkahan dunia dan akherat, akan ilmu yang dipelajari sehingga tumbuh berkembang bermanfaat bagi umat. Salam berkah banyumurni nusantara.

Sabtu, 09 Maret 2013

Dunia Baru Penuh Hal Baru

Dwi Sugiarto, dalam perkembangan di jaman globalisasi ini sesuatu bisa berubah setiap saat, ini sebenarnya sejak adanya mahluk Allah perubahan pasti berlaku. Sesuatu yang baharu pasti berubah detik per detik, menit per menit, jam per jam dan seterusnya, itulah semua sunatullah atas yang baru.

Pembaca yang budiman, banyumurni dalam utama mandiri sejahtera memahami akan semua yang ada di alam raya ini baharu. Adam baru karena qidam sifat Allah, sesuatu yang belum ada itu baru berarti perubahan itu sendiri.

Dalam segala peristiwa yang kita alami ini karena penyesuaian terhadap harmonisasi yang diperlukan oleh alam semesta. Harmonisasi merupakan keseimbangan antara yang kurang dan yang perlu ditambah, keseimbangan antara energy positif dengan negatif, keseimbangan energy yang dengan energy yin (ilmu china), semua selalu berpasangan pria dan wanita, jantan dan betina, siang dan malam, dan masih banyak lah tersebut di lapangan alam semesta ini.

Di dunia jabatan politik atau tidak , misalnya : legislatif, eksekutif, yudikatif, seperti sekarang ini dimanapun, sepertinya selalu mengatur sedetail mungkin, siapa saja orang-orang yang bisa diajak sesuai dengan tujuannya, pasti akan tetap bersama membangun wilayah kerja sebaik-baiknya. Perubahan atau pergeseran pejabat yang tidak kompetence pasti dilengserkan karena terindikasi dapat menghambat karier seseorang,

Mudah-mudahan bisa berangkat menunaikan ibadah haji dan umroh karena Allah. Amin.
 

Memanusiakan Manusia

Dwi Sugiarto, menghadapi perubahan jaman globalisasi yang serba cepat, khususnya informasi technology yang mana selalu ada dampak sosial secara positif maupun negatif. Kita sebagai manusia nusantara yang telah dibuatkan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam hal ini utama mandiri sejahtera memahami akan pentingnya kita mengikuti perkembangan jaman. 

Dengan cara tidak ketinggalan dalam informasi yang berkembang saat ini, untuk kita pelajari dan saring demi kebaikan diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar kita. Dampak negatif yang timbul diantaranya masalah kesenjangan sosial yang semakin jauh antara si kaya dan si miskin, kenakalan remaja yang mudah akses informasi pornografi, perkelahian massa yang mudah diketahui sehingga dapat merembet ke wilayah lain, masalah fanatisme politik yang menguat kadang tak terkendali, dan masih banyak lagi.

Pembaca yang budiman, kami mengajak untuk berikhtibar atau mengambil pelajaran tentang "MADU", tulisan status Dwi Sugiarto di Facebook dibawah ini mudah-mudah dapat menginspirasi kita semua. 
Bagai MADU kita ini harus menghasilkan
Jadilah kita Lebah Madu yang kompak tak terpisahkan
Masing-masing punya tupoksi sebagai acuan
Semua dahan kan berbunga-bunga
Tetaplah SANG LEBAH gak salah pilih bunga

Untuk lebih lengkapnya, yuuk kita belajar memanusiakan manusia, lebah yang notabene mereka binatang mempunyai strukutru pemerintahan lengkap, ada tukang bangunan, ada prajurit, ada yang bertelur untuk generasi penerusnya, ada RATU lebah dan lain-lain. Dalam Al Qur'an, surat 16, An-Nahl (Lebah) Allah terang sejelas-jelasnya. Bagaimana seharusnya kita jadi manusia sejati yang memanusiakan manusia.

Salam Berkah Nusantara

Jumat, 08 Maret 2013

Definisi Mutu Produk

Banyumurni, dalam hal memproduksi barang atau jasa selalu ada yang namanya standar mutu. Sumber daya manusia atau SDM adalah hal yang penting untuk menghasilkan mutu terbaik dalam hasil produksi baik itu barang atau jasa. Definisi mutu adalah standar dari sesuatu yang telah ditetapkan oleh yang berwewenang,  juga ditetapkan ukuran teratas dan terbawahnya atau toleransi.

Untuk mencapai mutu terbaik dibidang tertentu, wajib dilakukan pelatihan terhadap karyawan oleh pimpinan atau bagian terkait.
Materi training yang wajib ada antara lain : 1. Job deskripsinya, 2. part yang terkait, 3. peralatan yang digunakan, 4. Kontrol mutu hasil kerjanya, 5. Pencatatan atau pelaporan hasil kerjanya.

Pemeriksaan  dan perawatan terhadap peralatan harus dilakukan, antara lain : 1. Pemeriksaan rutin, 2. Perawatan rutin oleh petugas yang kompetence, 3. Perbaikan harus dilakukan bila hasil pemeriksaan itu sudah menyimpang dari standar yang berlaku.

Selain SDM dan Mesin peralatan yang distandarisasi, juga para trainer juga harus di upgrade untuk meningkatkan produktifitas di bidang usaha tersebut. Utama mandiri sejahtera memahami arti pentingnya mutu dalam segala hal sehingga jadi hal-hal yang diproduksi akan sangat diminati oleh konsumen. Belajar-belajar-belajar terus untuk mutu terbaik.

Salam Berkah Nusantara.


Sosialisasi Empat Pilar Bangsa Indonesia

Dwi Sugiarto, memahami arti pentingnya peningkatan pemahaman masyarakat untuk kebaikan masa depan Bangsa Indonesia ke depan. Banyumurni dalam tulisannya di utama mandiri sejahtera memahami bahwa review hasil karya leluhur yang Adi Luhur itu harus kita lakukan sebagai generasi penerus bangsa, dan juga sebagai generasi penerus aswaja ala Nahdlatul Ulama, yang mana keutuhan bangsa dalam kebhinekaan tetap harus dijaga. Kami coba memaknai status Kyai Haji Arifin Junaedi di FB.

Status Facebook KH Arifin Junaedi, sebagai berikut : "Acara Sosialisai 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, kemarin, di Islamic Center Cirebon, duduk berjajar (ki-ka); saya, moderator Imam Bukhari, Wakil Ketua MPR RI, H. Lukman Saifuddin, yang mewakili Bupati Cirebon dan Ketua PCNU Cirebon"

Dalam spanduk Sosialisasi sudah sangat jelas, apa 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegar, yaitu :
  • Pancasila, 
  • Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  •  Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Bhineka Tunggal Ika
 ini merupakan Kerjasama MPR RI Dengan PP LP MA'ARIF NU. Di Islamic Centre Kab. Cirebon, 7 Maret 2013.
Suatu penambah semangat generasi muda bangsa untuk menggali dan menerapkan pilar-pilar bangsa ini, yang telah lama hampir tenggelam karena banyak peristiwa yang tidak baik. Ini suatu kemajuan yang riil bahwa ormas seperti NU dipercaya dan diajak pemerintah untuk men-sosialisasi-kan empat pilar tersebut ke masyarakat melalui dunia pendidikan. Sangatlah tepat bila dimulai sejak dini, dan terus menerus, sehingga benar-benar dijiwai anak bangsa untuk bisa berlaku professional dan JUJUR, sebagaimana yang telah dirumuskan pendahulu bangsa Indonesia ini juga sering disebut Nusantara. Semoga berkah. Amin.


 

Dalam Keheningan Malam didapat Ketenangan

Dwi Sugiarto, malam yang sahdu ini membawa rindu dihati, kasihku yang takkan pergi dan tak datang lagi. Pada-Mu ku mengadu akan hati yang rindu ini.pada-Mu. Rumah-Mu Ka'bah ini Subhanllah, tentram rasanya hati ini berada di dekatmu, banyumurni bersama utama mandiri sejahtera memahami akan karunia yang luar biasa dahsyatnya dari Allah yang Maha Kuasa. Jadikan kami ini termasuk dalam orang-orang yang beruntung di dunia dan akherat. Amin. "Hanya orang-orang yang mampu saja, yang wajib menunaikan ibadah haji dan umrah ke Baitullah" ... Alhamdulillah, karunia itu telah Engkau kasihkan pada kami, tetapkanlah iman dan syukur kami akan nikmat dan karunia-Mu itu setiap saat, setiap helaan napas, setiap denyut detak jantungku ... jadikan sebagai syukurku pada-Mu. Amin. Perantau jiwan, tiada lelah untuk selalu memperbaiki diri dan keluarga, juga mengajak masyarakat sekitar untuk menikmati dan mensyukuri karunia Mu, dalam dakwah dan juang fii sabilillah bersama orang - orang yang Kau tuntun mereka dan kami. Amin. Tiada daya dan kekuatan untuk melakukan apapun itu kebaikan tanpa daya dan kekuatan-Mu. Laa haula wal quwata illa billah. ... Amin. Di keheningan malam ini, banyaklah nikmat yang kau karuniakan bersama syayyidul ayyam hari Jum'ah ini, amalan sunnah telah banyak Rosulullah contohkan dan tetapkan seperti dalam hadistnya. Perbanyak dzikir, banyakin baca sholawat atas Nabi Muhammmad SAW, Silaturahim, membaca Al Qur'an, Bersedekah ... dan banyak aplikasi lainnya di jaman modern ini. Namun hanya muslim yang taatlah yang diberi karunia untuk dapat melaksanakan itu. Alhamdulillah. Semoga kita dimasukkan ke dalam kelompok orang-orang yang Istiqomah. amin.

Kamis, 07 Maret 2013

Kesatuan dan persatuan anak bangsa ini lebih penting

Dwi Sugiarto, memperhatikan akan arti pentingnya kesatuan dan persatuan anak bangsa negeri tercinta ini Indonesia Raya, yang mana merupakan salah satu media yang dapat menjaga keutuhan NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia. Banyumurni dalam aktifitasnya bersama utama mandiri sejahtera memahami hal tersebut sudah dirintis oleh para leluhur yang saat itu masih sebagai pemuda - pemudi direalisasikan dalan Sumpah Pemuda.

Pada saat ini sepertinya mulai luntur, terlihat banyak terjadinya pertengkaran antar warga sedaerah, mahasiswa sekampus, pemuda abg SMA yang sekolahnya saling berdekatan, bahkan antar pendukung calon pimpinan daerah tertentu misalnya : calon bupati, calon walikota, calon gubernur, calon legislatif tingkat DPRD, DPR, DPD bahkan pendukung calon presiden, Perkelahian itu tidaklah sekedar beda pendapat namun sudah ada yang sampai perang fisik, saling lempar batu, saling bacok dengan senjata tajam, bahkan ada yang saling bakar rumah penduduk yang beda pendapat atau calon yang didukung. Sungguh sangat memprihatinkan kita semua. Hal ini kalau dibiarkan terus, pihak berwajib aparatur negara POLRI, TNI, pemerintah tidak mengantisipasi lebih awal dan terus menerus melakukan pencegahan, bisa memecah belah NKRI ini menjadi bagian - bagian kecil.

Sedikit saran yang kami sampaikan, monggo di ingat kembali ajaran leluhur yang adi luhur seperti hasil 
  1. Sumpah Pemuda 1928 : Bertanah Air Satu Tanah Air Indonesia,  Berbangsa Satu Bangsa Indonesia, Berbahasa Satu Bahasa Indonesia,
  2. Proklamasi 17 Agustus 1945 : Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
Ruh semangat persatuan itu, harus kita resapi, pamahami untuk kita laksanakan secara diri pribadi terlebih dahulu, lalu kita ajarkan pada keluarga dan lingkungan terdekat, Namun ini sebenarnya pihak pemerintahlah yang lebih compentence untuk sosialisasi, control pelaksanaan dilapangan, dan domain yang bisa dikontrol dengan baik. Harapan penulis untuk dapat di kuatkan kembali tentan ajaran leluhur tersebut di generasi sekarang dan masa datang. Semoga NKRI tambah kuat dalam satu kesatuan. amin.

Salam berkah http://banyumurni.wordpress.com/ untuk Indonesia Raya.

Bibit yang Super Dahsyat Luar Biasa

Banyu Murni, mengamati dan menikmati perjalanan hidup ini yang utama mandiri sejahtera memahami bahwa perubahan - perubahan itu pasti terjadi. Banyak hikmah yang terkandung didalam setiap perubahan itu, dalam sesi detik ke detik, menit ke menit, jam ke jam, hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan, tahun ke tahun, windu ke windu, abad ke abad ... semua berubahm bertambah dan berkurang dari ukuran waktu atau masa.
 Apa yang terlihat itu mendekat diawalnya lalu menjauh tanpa diminta, itulah perubahan seperti kita alami dalam menjalani kehidupan ini. Dalam kapal kehidupan ini kita tidak sendiri, ada bersama yang lain, didalam kapal kita bergerak searah dan melawan arah terhadap yang di luar kapal kita.

Dari awal kita ini sudah mendapatkan keistimewaan kemampuan untuk mengikuti perubahan, karena kita ini bibit yang super dahsyat luar biasa. Bagaimana tidak super dahsyat luar biasa hanya beberapa sperma yang berhasil memasuki ovum telur dari ibu kita, dan yang bisa bertahan menjadi bayi, anak - anak, remaja abg, dewasa dan berkeluarga sampai beranak cucu itu hanya orang pilihan Tuhan.

Sepantasnyalah kita mensyukuri karunia kemampuan untuk menerima perubahan sehingga bisa eksis sampai sekarang, dalam dunia ini yang mempunyai keimanan yang kuat lagi bisa narimo ing pandum pasti akan bahagia dan tentram hatinya.

Salam berkah http://banyumurni.wordpress.com/ dalam pengabdian fii sabilillah. Amin.

Rabu, 06 Maret 2013

Satulah Negriku Satulah Nusantara dalam Damai

Nusantara yang penuh dengan kebaikan dan kenikmatan sebagai karunia yang semesthinya kita nikmati dan syukuri. Diantaranya telah Allah lahirkan dua Tokoh Dunia dan perintis dua organisasi kemasyarakatan cenderung keagamaan khususnya Islam dari satu sumber yaitu Raden Ainul Yaqin atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kanjeng Sunan Giri, di wilayah Giri Gresik Jawa Timur Indonesia.

Dua saudara perjuangan itu adalah KH. Hasyim Ashari dan KH. Ahmad Dahlan.
picture terlampir:

Sungguh kita sebagai generasi penerus perjuangan beliau sepatutnya kita kirim bacaan surat Al Fatehah untuk beliau. Dan kita harus belajar tentang biografi beliau, perjuangan beliau, mempelajari ajaran-ajaran beliau yang merupakan hasil karya yang dahsyat luar biasa, dalam hal ini utama mandiri sejahtera memahami arti pentingnya kita SILATurahim, sehingga kita bisa mengenal dengan benar dan tepat akan ajaran-ajarnnya. Juga dapat memahami akan kiprah ormas Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, yang besar dan diakui dunia International.

Sebagai generasi nusantara penulis banyu murni sebagai pecinta dan aktifis NU, mengajak para pembaca untuk saling harga menghargai kelebihan masing-masing. NU yang lebih dikenal dengan cara tradisional, sedangkan Muhammadiyah dikenal dengan cara modern. Namun tujuannya pasti sama untuk syiar Islam di Bumi dan Nusantara ini. Dengan demikian sangatlah penting arti pengamalan ilmu yang kita dapat untuk kemaslahatan ummat. Amin.

Salam Berkah Sobat.

Maju Dahsyat Luar Biasa

Rabu hari yang pass untuk memulai segala sesuatunya untuk menjadi maju dahsyat luar biasa. Dalam merencanakan kegiatan untuk perbaikan dalam segala hal perlulah kita persiapkan dengan matang agar hasil sempurna sesuai atau melebihi target yang telah ditetapkan. Bannyu Murni akan menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan actifitas management professional dalam mencapai hasil kegiatan yang telah di plan. Utama mandiri sejahtera memahami untuk mencapai hasil yang maksimal dari suatu usaha harus dimulai dari perencanaan, lalu dikerjakan rencana tersebut, terus diperiksa pekerjaan tersebut setiap tahapnya, apabila diketahui hasil per tahap itu tidak sesuai rencana maka harus segera dilakukan tindakan perbaikan.

Pemerhati yang budiman, tentunya pernah mengetahui apa itu PDCA system??? Kami akan sharing tentang system yang berkaitan dengan produksi, usaha, perbaikan dalam segala hal agar mengalami kemajuan yang dahsyat luar biasa, it is right.

  1. Plan : perencanaan, yang dilakukan sebelum kegiatan tersebut. Beberapa item yang ada di dalamnya antara lain, kegiatan apa, siapa saja yang terlibat, kapan rencana dikerjakan, peralatan apa saja yang harus dipersiapkan, jangan lupa dimana itu dilaksanakan. Ringkasannya 5W1H.
  2. Do : kerjakan, dalam hal ini setelah planmaksimal dan dipelajari dengan sungguh-sungguh akan hal - hal yang terkait, jadwal telah masuk saatnyalah kegiatan itu dikerjakan sesuai plan.
  3. Check : Periksa, setiap kegiatan harus diawasi pelaksanaannya telah sesuai rencana atau tidak ini sebaiknya orang atau badan independence. Laporan lengkap, rekomendasi dan tertulis harus diberikan pada yang berwenang. Untuk mengambil langkah selanjutnya.
  4. Action : Tindakan, hasil evaluasi atau pemeriksaan sebagai landasan untuk perbaikan menuju Hasil yang dapat melampaui target.
Semoga hal ini bermanfaat bagi penulis Banyu Murni dan para pembaca yang budiman.

Salam Maju Dahsyat Luar Biasa.

Selasa, 05 Maret 2013

Masyarakat Sosial lebih Toleransi

Masyarakat generasi nusantara ini sangatlah berbeda dengan para leluhurnya terdahulu. Gotong royong adalah jiwa masyarakat dari sabang sampai merauke. Inilah salah satu ciri khas Bangsa Indonesia sejak jaman dahulu kala. Dalam kehidupan ini selalu terjadi perubahan - perubahan tidak terkecuali sosial kemasyarakatannya.

Sejak jaman globalisasi ini, banyumurni memperhatikan dengan seksama namun maaf tidak ada data empirik. Meskipun demikian untuk utama mandiri sejahtera memahami akan kejadian - kejadian nyata di masyarakat akan budaya gotong royong. Misalkan : Bersih desa (Jawa sekitarnya), Ngaben (Bali), Budaya Tanah Toraja ini wujud toleransi bermasyarakat, untuk segera nennyelesaikan kegiatan positif di masyarakat.

Dalam penanganan keuangan juga di rintis oleh Bung Hatta tentang system penangan keuangan maka dibentuklah koperasi. System usaha micro inilah para investor khususnya perbankan, BUMN atau perusahaan swasta menyediakan anggaran untuk membantu pengusaha mikro. CSR Company Stakeholder Responsibility adalah wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar agar tetap dengan kondisi kondusif.

CSR di jaman globalisasi ini kalau kita perhatikan pernah dilakukan olleh BUNG HATTA , pada jamannya sehingga perlu dijadikan jempatan.

Salam Berkah Nusantara dalam utama mandiri sejahtera untuk hidup dalam kehidupan banyu murni.  

Small business for Mandiri attitude

Small business for mandiri attitude must be planned by first director, how to utama mandiri sejahtera setting to professional personnel in the right man of the right place same the competency. Good jobs must be handle by professionalism personnel.

Step by step activity plan by manager :
  1. To selected personnel in the each position, recruitment.
  2. To setting the right man of the right place, strategic position.
  3. Continually training for all employes, for each position special jobs and for upgrade.
  4. Good control from up to down by periodically, and must be good documented by special team or group independence.
  5. Evaluation periodical to check personnel competence, if necessary to up grade.
  6. Give reward to the best personnel of each jobs or group or team.
  7. Punishment to wrong man and competency.
I hope this information, can added value me and you reader this article. Thanks for all.

Salam Berkah Utama Mandiri Sejahtera, Amin.  

Doa sehari-hari Islam dalam sholat

Subhanallah sungguh beruntumg seorang muslim dan muslimah itu sebagaimana utama mandiri sejahtera memahami akan doa-doa dalam sholat sehari-hari, ini menjadikan dzikir pendekatan yang sangat alami lagi natural di kehidupan dunia banyu murni ini.

Sangatlah sewajarnya bagi ummat untuk memahami dengan benar disetiap bacaan dalam sholat, dan dilakukan secara terus-menerus sehingga menjadi habbit atau kebiasaan dalam hidupnya untuk mendapatkan istiqomah dari Allah tuhan semesta alam. Sebagai generasi masyarakat nusantara yang sangat terbiasa dengan toleransi dan sikap gotong royong nya, penulis mengajak para pembaca yang budiman untuk mencermati ajaran Islam yang benar dan dijaga sepanjang masa oleh Alloh yang Maha Menjaga.

Yuuk kita renungkan sesaat tentang doa-doa sehari hari dalam sholat, secara bertahap akan kami utarakan sebagai bahan renungan kita bersama untuk peningkat dan penguat iman hingga Akhir Hayat, Amin.

Sholat : Doa Duduk diantara dua sujud,
"Rabbighfirlii Warhamii Wajburninii Warfanii Warzuqnii Wahdinii Wa'afinii Wafu'annii". 
Artinya :
"Yaa Allah, ampunilah dosaku, dan belas kasihanilah aku, dan cukupkanlah segala kekuranganku dan angkatlah derajatku dan berilah rezeki kepadaku dan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan kepadaku dan berilah ampunan kepadaku."

Maha Suci Allah atas segala nikmat dan karunia yang diberikan kepada kita ini. Semoga kita BISA ISTIQOMAH. Amin.

Salam Utama Mandiri Sejahtera memahami karunia ini. Alahamdulillah. Amin.

Senin, 04 Maret 2013

Doa Sehari Hari Agama Islam

Bismillahirromannirrohim, dengan ini artikel ini semoga utama mandiri sejahtera memahami akan pentingnya doa sehari-hari dalam kehidupan sehingga terarah dalam kegiatan sehari-hari dan tambah tenang hati.

Tata cara berdo'a :
Tata cara  berdo'a kepada Allah:
  1. Menjauhi hal-hal yang diharamkan Allah.
  2. Berdo'a dilaksanakan dengan khusuk lagi iklash.
  3. Sebaiknya sebelum berdo'a didahului dengan melakukan sholat, baik itu sholat wajib atau sholat sunnah.
  4. Mengawali do'a dengan ucapan yang baik (tayyibah) seperti basamallah, kalimat tahmid ( Alhamdulillahi Robbil 'alamin ), membaca sholawat atas Nabi Muhammad SAW, baru kalimat do'a dan mengakhiri do'a dengan bacaan sholawat.
  5. Tawakkal, penuh kepasrahan kepada Allah SWT.
  6. Dilakukan terus menerus.
  7. Berdo'a untuk kebaikan.
  8. Jangan mudah putus asa.
Pembaca yang budiman kami utama mandiri sejahtera menyampaikan beberapa kalimat do'a secara bertahap:

1. Mengawali semua kegiatan yang baik membaca :
"Bismillahir Rohmaanir Rohiim" 
Artinya : Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

2. Do'a mohon ditambahkan Ilmu dan Kepahaman :
"Rabbi zidnii 'ilman warzuqni fahman".
Artinya : Yaa allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berilah aku kefahaman (pengertian yang baik dan bermanfaat).

Tunggu selanjutnya, semoga bermanfaat. Amin.



Pancasila dasar NKRI masih relevan di Globalisasi ini.

Luar biasa pemikiran para leluhur bangsa ini dalam merangkum kehidupan banyu murni yang tersebar dan tertanam dalam jiwa mereka, dengan maksud yang baik utama mandiri sejahtera memahami arti pentingnya untuk mensyukuri ajaran / education yang telah dirumuskan, di antaranya Pancasila.

Seperti termaktub dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarka kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sangatlah dalam kandungan ajaran yang didalamnya, untuk kebaikan generasi masyarakat nusantara masa sekarang maupun yang akan datan di jaman globalisasi ini. Tugas siapakah ini ???  Tentunya kita orang tua, guru - guru, para pendidik formal ataupun informal, pemerintah dan seluruh jajarannya tak ketinggalan pihak swasta / entrepreneur trainer ... sebagai salah satu wujud Cinta Bangsa Indonesia ini. Sudilah semua elemen bangsa ini untk memperbaiki sumber daya manusia yang cinta kebaikan salah satunya budaya leluhur yang adi luhur ini.

Sahabat banyu murni nusantara yang tercinta marilah kita terapkan semampu kita berbuat untuk tetap utuhnya NKRI Negara Kesatuan Republik Indonesia dah tegak berdiri di atas dasar Pancasila. Merdeka berdaulat sepenuh jiwa raga. Amin.

Salam berkah Nusantara dalam utama mandiri sejahtera Indonesia ku.

Senin yang Baik untuk Islam yang mudah

Banyu Murni memulai hari senin ini untuk utama mandiri sejahtera memahami awalan dengan mengucapkan :
Bismillah ...
Senin yang Indah nan Mempesona
Bersama dalam satu jiwa yang membara
Semangat mengabdi untuk keluarga yang Bahagia lagi Sejahtera 


Ini sebagai salah satu ikhtiar untuk mewujudkan niat baik dalam mengimplementasikan akan ajaran Islam yang mudah lagi sederhana, kalimat Bismillah adalah diajarkan untuk mendapatkan kebaikan dalam setiap perbuatan yang kita lakukan karena ini termaktub dalam Al Qur'an ayat pertama dari Ummul Qur'an yaitu surah Alfatehah. 

Dalam Al Qur'an Allah ta'ala berfirman : 
"Thaha, Kami tidak menurunkan Al Qur'an ini kepadamu agar kamu menjadi susah".
"Allah menghendaki kemudahan bagi kamu sekalian dan tidak menghendaki kesukaran bagi kamu sekalian".

Memasang niat baik untuk kebaikan sekarang dan akhir jaman, kami mengajak para pembaca yang budiman dan diri al fakir untuk merenung sejenak dan bangkit cepat bersemangat dalam mengamalkan ajaran yang telah kita pelajari ini dalam kehidupan yang penuh karunia dan berkah dari Allah. Maka yuuk kita mulai semua kegiatan kita dengan kata - kata indah penuh rahmat yaitu BISMILLAH ...

Salam Berkah Utama Mandiri Sejahtera di dunia dan akherat.

Minggu, 03 Maret 2013

Islam itu mudah lagi sederhana

Subhanallah pujian atas Alloh Kang Moho Suci, sangatlah patut untuk kita pelajari sampai mengerti apa itu Islam itu mudah lagi sederhana, Banyu Murni bersama utama mandiri sejahtera memahami akan pentingnya agama sebagai pedoman hidup manusia. Agama bermakna nasehat yang bisa mengarahkan akan akal, pikir, perasaan, hati manusia sehingga Akhlak Mulia kan terwujud. Sebagaimana para rosul dan nabi ditugaskan oleh Alloh Yang Maha Esa untuk memperbaiki akhlak ummat manusia.

Pengertian Islam berdasarkan Hadist Arba'in Hadist ke-2 :
Sbb. ...... Rasulullah SAW. mnjawab, "Islam adalah engkau bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan, dan mengerjakan ibadah haji ke Baitullah jika engkau mampu melakukannya." Orang itu berkata, "Engkau benar." ....

Dari hadist tersebut menunjukkan kesederhanaan akan agama Islam, namun tidak boleh juga manusia menganggap ringan akan aturan tentang Islam tersebut. Mudah sekali masuk agama Islam itu, dalam pidatonya ustad / kyai dalam peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, kami utama mandiri sejahtera memahami hadir dalam kegiatan tersebut karena kehidupan banyu murni itu perlu siraman rohani yang bisa meningkatkan gairah untuk beribadah dengan iman yang kuat, untuk mencapai Ridho Allah. Hanya dengan bersaksi membaca dua kalimat syahadat seperti jawaban Nabi yang pertama diatas. Sebagai insan manusia yang suka akan kedamaian, ketenangan di hati akan menjadikan Islam sebagai pedoman hidup hingga akhir hayat. Amin.

Salam Berkah Utama Mandiri Sejahtera memahami akan Hidup di Akherat nanti karena itu banyu murni dari Illahi. Amin.

Dalamnya Laut dapat diselami Dalamnya Hati siapa tahu

Suatu pelajaran kehidupam ini ada pepatah "Dalamnya Laut dapat diselami Dalamnya Hati siapa tahu" utama mandiri sejahtera memahami sangatlah perlu ketekunan dan ketelatenan dalam usaha untuk mengerti maknanya. Hidup ini penuh dengan misteri dan rahasia - rahasia yang tersembunyi, sebagaimana pepatah diatas patut diteapkan pada diri manusia.

Para pembaca yang budiman benda - benda alam ciptaan manusia ini semua dapat terukur, terbukti dengan ditetapkannya aturan - aturan atau standard sehingga dapat dibuatkan lagi barang - barang yang sama. Baik itu Information Technology, Electronic atau barang - barang konsumsi primier, sekunder ataup tersier. Kemampuan manusialah yang menciptakan baran - barang tersebut sebagai karunia Alloh untuk pemenuhan kebutuhannya. Namun sangatlah sulit untuk mengukur keadaan hati stiap manusia itu, karena setiap manusia diberik Khas masing - masing oleh Tuhan Yang Maha Menciptakan, itulah hati.

Bagi siapa saja yang mempunyai kepedulian pada keadaan dirinya dan lingkungannya, demikian utama mandiri sejahtera mengajak para pembaca yang budiman intuk memahami hidup dalam banyu murni sebagai kehidupan yang asli dari Tuhan Yang Maha Memberi ini (sambil menempelkan telapak kanan di dada sendiri atau hati). Hati secara biologis anatomi juga ada, namun secara spicology tidaklah mudah manusia itu memahami dan mengerti dengan tepat lagi benar.

Sahabat pembaca yang budiman kami tidaklah bosan - bosan mengajak diri sendiri utama mandiri sejahtera memahami semua arti hidup ini, semoga kita di kuatkan oleh Alloh yang Maha Kuat. amin.

Salam Berkah Sobat.

Satu Selesai - Satu selesai

Dalam kehidupan ini selalu ada perubahan, hal ini utama mandiri sejahtera memahami akan masa, waktu yang selalu bergulir dan tiada henti sebagai mana mahluk berputar pada porosnya, Bumi berputar pada garis edarnya, Bulan berputar pada porosnya dan mengintari bumi sebagai titik edarnya di alam jagat raya ini.Juga mahluk - mahluk lainnya yang selalu berputar atas ke bawah untuk roda kehidupannya dalam pelajaran nyata ini.

Sunatullah bahwa dari tiada menjadi ada, dari ada menjadi tiada. Dalam kenyataannya Alloh tela menentukan akan lahir, rizki, jodoh dan ajal setiap manusia sejak berada dalam kandungan orang tuannya. Bayi, anak - anak, abg, remaja, dewasa berkeluarga, lalu beranak, tua berusia lanjut dan akhirnya ajal menjemput meninggallah manusia tersebut. Inilah garis edar manusia "Sak dermo nglakoni" yang dimaksud adalah manusia hanya sekedar menjalani hidup sebagaimana Alloh Tuhan Yang Maha Mengatur.

Kami utama mandiri sejahtera memahami serta mengajak para pembaca yang budiman juga al fakir yang hanya setitik debu di alam semesta ini untuk intropeksi diri akan asal usul kejadian manusia atau mahluk yang lainnya. Dari tiada mulaillah kecil yang merupakan bagian sel darah menjadi sperma, dijaga oleh Yang Maha Menjaga lagi Maha Memelihara sehingga jadi janin, bayi, hingga berfisik lengkap sebagai calon manusia dewasa. Sepatutnyalah kita manusia untuk mensyukuri karunia tersebut.

Dalam hal ini merupakan masalah yang bisa saja timbul terhadap manusia dalam kehidupannya secara pribadi maupun secara sosiology. Untuk menjadi manusia utama yang mandiri untuk menjadikan sejahtera diri, keluarga dan sekitarnya sangatlah penting memiliki sikap mandiri untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, dengan metode kerjakan pekerjaan satu - satu selesai dengan tuntas dan hasil yang terbaik. Bisa juga hal ini diselesaikan secara paralel dan tetap kontrol dengan baik tanpa prasangka buruk. Tuhan Allohu Ahad membantu penye;esaian secara satu selesai dan satu selesai. Semoga semua masal yang kita hadapi dapat tuntas dengan cepat dan akurat, dengan merujuk sirkulsai kkehidupan ini. Amin.

Salam Berkah Utama mandiri sejahtera dalam memahai hiduo dan kehidupan ini.

Sabtu, 02 Maret 2013

Sikap Mandiri

Manusia utama dalam sikap yang mandiri terus berjuang tiada lelah untuk mendapatkan kehidupan yang mulia, makmur lagi sejahtera. Sikap yang ada pada dirinya itu mencerminkan apa yang ada dalam kebiasaan habbit tindak tanduk perlikau sehari - harinya. Itulah bagian ruhani dari manusia sebelum ruh meninggalkan jasadnya.

Saat dalam pertumbuhannya manusia dimulai dari dalam kandungan orang tuanya, bahkan sebelum sperma itu dipancarkan ke dalam rahim wanita. Menurut dunia kedokteran sperma yang dipancarkan pria iitu berjumlah ratusan juta sampai dengan milyardan. Namun Alloh Sang Khalik adil hanya membekali beberapa sperma untuk dapat menembus telur yang siap dibuahi. Namun kebanyak untuk ummat manusia ini hanya diijinkan satu saja yang berhasil dengan sempurna hingga menjadi jabang bayi yang terlahir sehat dan komplit organ tubuhnya. Coba para pembaca yang budiman, yuuk kita merenungi diri sendiri yang fakir ini, sungguh banyak sekali bekal karunia Tuhan Yang Maha Kasih Sayang kepada kita untuk mengabdi pada-Nya. Dari bayi yang hanya bisa menangis sebagai media komunikasi kepada orang tua dan orang - orang disekitarnya. Mulailah berjalan atau berkata - kata dulu, atau sebaliknya berkata - kata baru berjalan, ini menunjukkan bahawa keseimbangan harus ada, karena perubahan tiada henti. Yuuk kita syukuri nilmat - nikmat tersebut sehingga kita bisa mengambil sikap mandiri untuk rasa syukur pada Illahi Robbi dan berterima kasih pada orang tua dan orang - orang lainnya. Alhamdulillah wa syukurillah. Amin. dalam hal ini penulis banyu murni dalam blognya utama mandiri sejahtera, selalu mengajak untuk mengenal diri sendiri agar kita lebih dekat pada tuhan Alloh Yamh Maha Menciptakan.

Slam Berkah Sobat dalam memahami akan kehidupan dalam Banyu Murni ini.