Kamis, 03 Juli 2014

Do'a dan harapan yang selalu menjadi energy pengerak dalam hidup sejati mukmin

"Bagaimana?" Si Angin bertanya ... "Apanya?" Ganti si Banyu bertanya pula. 
Suatu argumen antara Angin dan Banyu yang masih sangat lebar dimaknai dalam komunikasi sehari-hari. Dalam tataran ilmu kehidupan di masyarakat ini industri atau pemerintahan yang menerapkan sistim 5W+1H tentunya masih membutuhkan banyak kalimat penjelasannya. 

Apa to definisi 5W+1H itu?
1. What? ... Apa kejadiannya, ini perlu adanya peristiwa penting yang memberi nilai tambah.
2. When? ... Kapan saat peristiwa itu terjadi, catat secara detail tanggal : hari-bulan-tahun, detiik-menit-jam berapa kejadian itu.
3. Who? ... Siapa saja yang terlibat dalam peristiwa tersebut, baik pelaku kejadian, juga saksi atau orang yang mengetahui kejadian tersebut sehingga akurasinya terjamin. Jangan lupa identitas masing-masin manusia yang terliobat.
4. Where? ... Dimana kejadian itu terjadi, secara rinci diverbalkan dalam tulisan dan dikuatkan dengan foto-foto sebagai alat bukti dan penggambaran lokasi dengan tepat.
5. Why? ... Mengapa hal itu bisa terjadi, diawali dari peristiwa apa/siapa yang memulai, sehingga hal tersebut bisa dipakai sebagai dasar analisa sumber kejadian.

6. How? ... Bagaimana peristiwa itu dapat terjadi, secara urutan atau kronologis sehingga peristiwa itu ada.

Apa kaitan dengan do'a dan harapan di bulan Romadhon ini???
Kesadaran kita sebagai manusia, seorang muslim atau manusia mukmin, menjadikan 5W+1H ini menjadi sangat penting untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. WAJIB kalau boleh dikatakan untuk orang-orang yang selalu ingin mengamalkan ajaran kebaikan, yang isinya : "Berbuatlah baik hari ini yang lebih baik dari hari kemarin, dan berbuatlah baik untuk hari esok yang lebih baik dari pada hari ini, karena kalau tidak kalian termasuk orang-orang yang merugi" .........

Kenapa orang beriman itu beruntung? 
JELAS dan PASTI beruntung orang beriman itu, karena mereka percaya akan hari esuk, kalau diuraikan besok itu bisa hari besok sesudah hari ini, alam kubur dan juga alam akherat. Orang mukmin itu suka selalu berdo'a didalamnya banyak dipasang harapan-harapan baik atau bernilai tambah bagi dirinya tau orang lain. Untuk mustajabnya do'a islam itu harus pakai 5W+1H itu. karena ada waktu  do’a di Istijabah dan syarat-syarat do'a  mustajab inilah hal penting yang harus dipahami oleh seorang muslim yang berkaitan dengan 5W+1H itu.

Semoga bermanfaat, Salam Berkah Sobat..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar