Selasa, 31 Desember 2013

Definisi Mutu Produk Lanjutan

Pada penjabaran Definisi Mutu Produk masih banyak lagi hal yang penting untuk dilakukan secara benar dan berkelanjutan. Dalam hal ini penulis akan menyampaikan hal yang lebih gamblang dibandingkan uraian singkat pada awalnya.

Coba kita jabarkan terlebih dahulu tentang Job Deskripsi, ini penting sekali untuk sukesnya pecapaian hasil maksimal terhadap target yang telah ditetapkan. Definisi job deskripsi adalah aturan tertulis yang telah ditetapkan manajemen sebagai acuan / standar kerja karyawannya, sesuai pekerjaan yang mejadi tanggung jawab karywan. Sebelum penetapan  job deskripsi pihak pimpinan terlebih dahulu menetapkan sasaran kerja perusahaan sebagai acuan tujuan akhir perusahaan yang terukur. Job deskripsi detail kegiatan per unsur kerja atau step by step yang harus dikerjakan secara berurutan oleh si pekerja.

Garis besar yang dituliskan atau dcantumkan dalam job deskripsi adalah :
  1. Judul atau tema fokus pekerjaan tersebut.
  2. Apa saja material yang harus ada dalam kegiatan tersebut.
  3. Peralatan yang dibutuhkan saat proses kegiatan tersebut, sehingga hasil kegiatan terukur.
  4. Label atau tanda-tanda yang digunakan untuk mengidentifikasi terhadap kegiatan tersebut telah selesai urutan kerja dan kualitas yang ditetapkan senagai standar akhir atau diterimanya oleh konsumen.
  5. Urutan dan ukuran waktu pengerjaan harus distandarkan sebagai hasil pengukuran atau penilaian sebelumnya yang berulang-ulang sehingga ketetapan baku ditetapkan oleh yang berwenang.
Semoga tahapan job deskripsi  atau petunjuk kerja bagi karyawan yang langsung mengahsilkan produk dari kegiatan tersebut, menjadikan kita lebih berkualitas dalam memberikan instruksi. Manfaat besar akan kita dapatkan bila kita memahami detail dari setiap pekerjaan yang kita limpahakan kepada bawahan. Sukses selalu Banyumurni berharap di masa tahun baru ini, jadilah perbaikan terus meningkat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar