Jumat, 08 Maret 2013

Definisi Mutu Produk

Banyumurni, dalam hal memproduksi barang atau jasa selalu ada yang namanya standar mutu. Sumber daya manusia atau SDM adalah hal yang penting untuk menghasilkan mutu terbaik dalam hasil produksi baik itu barang atau jasa. Definisi mutu adalah standar dari sesuatu yang telah ditetapkan oleh yang berwewenang,  juga ditetapkan ukuran teratas dan terbawahnya atau toleransi.

Untuk mencapai mutu terbaik dibidang tertentu, wajib dilakukan pelatihan terhadap karyawan oleh pimpinan atau bagian terkait.
Materi training yang wajib ada antara lain : 1. Job deskripsinya, 2. part yang terkait, 3. peralatan yang digunakan, 4. Kontrol mutu hasil kerjanya, 5. Pencatatan atau pelaporan hasil kerjanya.

Pemeriksaan  dan perawatan terhadap peralatan harus dilakukan, antara lain : 1. Pemeriksaan rutin, 2. Perawatan rutin oleh petugas yang kompetence, 3. Perbaikan harus dilakukan bila hasil pemeriksaan itu sudah menyimpang dari standar yang berlaku.

Selain SDM dan Mesin peralatan yang distandarisasi, juga para trainer juga harus di upgrade untuk meningkatkan produktifitas di bidang usaha tersebut. Utama mandiri sejahtera memahami arti pentingnya mutu dalam segala hal sehingga jadi hal-hal yang diproduksi akan sangat diminati oleh konsumen. Belajar-belajar-belajar terus untuk mutu terbaik.

Salam Berkah Nusantara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar