Sabtu, 18 Mei 2013

Jemu'ah Jum'at Jum'atan

Bismillah ... semua ku mulai bersama-Nya. Amin. Jemu'ah Yang Indah Nian merupakan karunia yang tiada tara bagi umat manusia, di waktu-waktu inilah kesempatan emas untuk dapat diterima dan dinikmati manusia yang memanusiakan manusia. Jemu'ah ini istilah yang kosa kata bahasa jawa (orang-orang dahulu yang membuat mudah manusia itu memahami situasi dan keadaan nyata). Jemu identik bosen atau membosankan karena dalam hari2 sebelumnya telah bekerja dengan giat dan keras utuk memenuhi kebutuhan dunianya, otomatis kepenatan jiwa atau ruhani terjadi. 

Jum'at ini istilah kata yang selalu tertera di kalender nasional kita, sangatlah berbeda dengan kalender jawa yang otak-atik matuknya itu ada benarnya. Di hari Jum'at itulah banyak hal baru yang berbeda dengan hari-hari lainnya, sebagai karunia dari Allah Swt. Kelebihan hari Jum'at diantaranya: 
  1. Muslim dan muslimat yang meminta akan diberi oleh Allah Swt, asal hanya kepada-Nya memintanya.
  2. Hari ini pintu ampunan Allah Swt dibukakan bagi manusia khususnya muslimin wa muslimat yang sungguh-sungguh beristighfar kepada Allah Swt.
  3. Di malam ini tepat para malaikat Allah Swt melaporkan semua hasil kegiatan manusia dalam seminggu kepada Allah Swt yang telah memerintahkan malaikat menulisnya setiap gerak langkahnya oleh malaikat Munkar As wa Nankir As.
  4. Juga Allah Swt memberikan kesempatan do'a sehari-hari permohonan hambanya dikabulkan karena konsisten dan istiqomah, Semoga kita dapat istiqomah beramal Soleh karena Allah Swt. Amin.
Di hari Jum'at ada kewajiban Jum'atan (Sholat Jum'at bagi kaum Adam, sebagai pengganti Sholat Duhur, dalam dua raka'at dan dua kutbah Jum'at) di sinilah ada waktu Istijabah untuk do'a yang diterima dan dikabulkan Allah Swt, yaitu saat diantara Adzan dan Iqomah, saat waktu diantara dua kutbah Jum'at. Semoga Allah Swt ridho atas diri dan keluarga kita dalam sakinah mawaddah wa rohmah, Utama mandiri memahami bersama banyumurni untuk berlatih dalam niat dan amal soleh. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar