Rabu, 27 Juni 2012

Kepemimpinan atau Leadership

Harga diri sebagian hal yang sangat dipertahankan dalam hidupnya. Sebutan yang meninggikan namanya seseorang dalam pergaulan dalam sehari-hari diantaranya: Boss, Juragan, Ketua, Komandan, Kang (sebutan menuakan), Ndan, Papi, Pap, Mam dll.

Sebutan seseorang dalam panggilan sehari-hari sedikit menggambarkan apa yang pernah disandangnya. Itu semua merupakan hasil dari perjalanan hidup atau proses dalam pendewasaan. Dalam kehidupan masyarakat sosial yang bebas, keras dan penuh persaingan hidup dalam kehidupan untuk mendapatkan uang, sering muncul istilah Preman (daerah Jabodetabek), Gali (Jawa), Boss, Jakuza (Jepang), Mandor (penguasa wilayah jaman Belanda) dan lain-lain.

Itu semua sebutan diatas merupakan kedudukan yang membawa julukan. Tentunya orang-orang yang mendapatkan gelar atau julukan tersebut mempunyai dominasi atau keunggulan tertentu. Kemampuan atau kelebihan mereka itu dibanding orang-orang kebanyakan antara lain :
1. Pengetahuan
2. Kemampuan mengorganisir orang-orang sekitarnya
3. Kemampuan berkomunikasi sesama masyarakat sekitarnya, atasannya, bahkan dengan kelompok masyarakat lain.
4. Mampu menyemangati anggota dikelompoknya untuk bertindak sesuai yang diinginkan.
5. Mampu menganalisa situasi yang terjadi disekitarnya dan mengambil kesimpulan yang tepat lagi pass.
6. Bisa membuat ide-ide baru atau berinovasi sehingga kelompoknya tetap eksis dalam masyarakat.

Sedikit ini ang bisa sumbang saran, bila ada hal-hal untuk perbaikan dengan lapang dada kami terima. Semoga bermanfaat. Itulah sebagian ciri-ciri Kepemimpinan atau Leadership.

Salam Berkah Sobat.
Perantau Jiwan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar