Jumat, 02 Desember 2011

Hujan Deras Jakarta Banjir

Terjadi siklus 5 tahunan Jakarta banjir. Hal ini telah diprediksi oleh pemerintah Jakarta Timur.

Kamis, 24 Nopember 2011, Kantor Kota Adm Jakarta Timur
Seluruh aparat pemerintah maupun organisasi massa, organisasi kepemudaan berkumpul untuk SIAGA BANJIR. Apel pagi yang dipimpin oleh Bapak Murdani sebagai walikota administarsi Jakarta Timur, memberikan pengarahan kepada tim penanggulangan bencana yang ikut apel pagi, ada aparat TNI, Pemadam Kebakaran, TAGANA, FKDM, RAPI, PMI dan aparat struktural Camat, Lurah dan lain-lain, dengan materi standar penanganan bencana.

Ee ternyata benar limpahan air hujan dari langit, sangatlah banyak, melimpah dan tak terwadahi.1 Desember 2011, Gandaria Pekayon Pasar Rebo Jakarta. Sore itu terjadi hujan deras sekali dari waktu Maghrib ~ waktu Isya selama lebih dari 2 jam lamanya, satu jam kemudian ada info bahwa terjadi banjir di wilayah RW 004, sangat tinggi kenaikan debit air itu dari biasanya. Sesampai dilokasi penulis melihat kenyataan sekitar 30 rumah dari warga RT 001 tersebut tenggelam oleh air hujan. Memang lokasi rumah warga yang kebanjiran sangatlah dekat dengan bantaran kali Cipinang. Beberapa kepala keluarga mengamankan barang-barang elektronika dengan dipanggul diatas kepala, karena dijalanan dari rumahnya ke tempat yang aman air sampai ketinggian sedada orang dewasa. Tempat pengugsian menempuh kira-kira hanya 50 meter dari lokasi banjir terdalam. Hal ini sudah mengungsi dan cara-cara evakuasi sudah menjadi salah satu ketrampilan masyarakat tersebut, karena  banjir di daerah tersebut sudah mempunyai siklus 5 tahunan.

Di Pekayon ini ada dua wilayah yang selalu banjir yaitu RT 001 RW 004 dan RW 007 RT 001 & RT 010, namun pada hari ini tambah lokasi baru yaitu RW 002 di Air Mancur Jl Gandaria, bahkan menarik perhatian DKI 1 yaitu Bapak Gubernur Fauzy Bowo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar