Selasa, 30 April 2013

Selamat Mayday 1 Mei HUT Buruh kita semua

Hari ini 1 Mei 2013, Selamat "Mayday" Berulang Tahun para pekerja atau buruh semuanya, Jayalah negriku sejahteralah bangsa dan rakyat Indonesia. Sangatlah penting suatu komunitas itu memahami akan arti hari "H" jadi kelompoknya untuk membangkitkan semangat pencapaian Visi dan Misi organisasi. Hari ini 1 Mei merupakan hari bersejarah bagi perserikatan, kelompok buruh dalam menyatukan visi dan misi dalam ruang lingkup SILATurahim secara intens.

Dalam perkembangannya pertumbuhan serikat pekerja di Indonesia ini sangat significant setelah adanya orde reformasi, sehingga kebebasan berserikat bagi buruh sangat dinaungi oleh negara. Apalagi bersamaan tumbuhnya media online yang mudah diakses oleh para buruh dimana dan kapan saja. Ini menjadikan komunikasi yang sangat baik untuk peningkatan kompetensi buruh atau karyawan, tentang pemahaman akan adanya hak dan kewajiban yang benar sesuai hukum nasional maupun international. 

Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) hanya ini di jaman ORBA, Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPMI) yang dimotori pembentukannya oleh serikat pekerja Panasonic , Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI), Serikat Pekerja Nusantara (SPN), dan masih banyak lagi serikat pekerja yang tumbuh setelahnya, baik di BUMN atau Perusahaan Swasta lainnya. Kemerdekaan berserikat para buruh ini juga diijinkan oleh pemilik perusahaan dibentuk dilingkungannya. 

Keuntungan-keuntungan yang didapat kedua belah pihak antara pengusaha versus pekerja atau buruh antara lain :
  1. Kompetensi buruh akan meningkat , perusahaan akan untung.
  2. Komunikasi yang harmonis antara pengusaha dan pekerjanya, sehingga mudah untuk mengambil kebijakan yang bermanfaat terhadap kedua belah pihak.
  3. Hubungan antar pekerja dari perusahaan lain akan memudahkan dalam penerapan undang-undang atau peraturan Negara yang berkaitan pekerja dan pengusaha.
Banyumurni dalam utama mandiri sejahtera memahami, Semoga Mayday hai ini memberkahi semua. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar