Minggu, 17 Maret 2013

Banjir melanda beberapa rumah di Gandaria

Dwi Sugiarto, hujan deras dua jam membanjiri melewati beberapa rumah di Jl. Gandaria Pekayon Pasar Rebo Jakarta Timur 13710. Cuaca terang siang hari duhur saat itu, cahaya mentari terang benderang terasa gerah di badan berkeringat. Beberapa menit kemudian bersama angin kencang datanglah hujan rintik-rintik dengan volume yang sebesar kerikil. Tak lama kemudian hujan deras datang bersamaan dengan petir menyambar-nyambar dan menunujkkan kilatan cahaya kuning membara sekejap mata.

Dari kios ku terlihat sungai baru hanya sedalam lebih kurang sepuluh centimeter dari permukaan jalan, kenapa hal ini terjadi saat ini 16 Maret 2013 jam 14.00~15.00 kira2 lebih dari 2,5 jam. Cukup merepotkan sebagian masyarakat yang rumahnya digenangi air meskipun sesaat, tetap saja ini ada penyebabnya. Perlu kita renungkan sesaat dan dipikirkan solusinya tentang banjir yang cukup mengganggu saat hujan deras tiba-tiba datang. Sepanjang jalan Gandaria sekitar jalan Kopi, jadilah tempuran air dari tiga arah yang berbeda mulai dari utara, barat dan selatan menuju satu arah, disinilah terjadi bottle neck air mengalir, sehingga toko Bang Rahmat sempat dilalui air yang tak disangka-sangka itu datang masuk toko membasahi apa saja yang ada dilantai toko.

Dari perhatian, pengamatan dan analisa banyumurni, ada kekurangan fasilitas saluran air dari tiga arah itu, untuk masa-masa hujan deras. Oleh karena itu perlulah turun tangan yang lebih maksimal lagi serius dari pihak terkait dalam pembangunan fasilitas masyarakat ini. Bila perlu adanya cek-ricek antara program yang diajukan perwakilan masyarakat itu sudah sesuai kebutuhan mendesak di masyarakat? Dan tinjauan pelaksanaan program itu sesuai atau tidak dengan anggaran yang telah di approval? ... Monggo pihak-pihak yang terkait untuk review. Salam Berkah Nusantara.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar