Selasa, 19 Maret 2013

Nasi Uduk kuliner khas Betawi

Banyumurni mengerti bahasa komunikasi antar manusia di suatu daerah di nusantara ini banyak aneka ragam cara mengekspresikannya, ada yang berupa budaya atau adat istiadat daerah masing-masing.  Ada bahasa verbal, adat kebiasaan kerjasama, hasil produk karya kesenian daerah, produk seni tari atau seni suara dan tidak kalah menarik tentang kuliner masing-masing daerah yang berbeda.

Antara lain dengan kuliner yaitu makanan khas yang telah diciptakan didaerah tertentu oleh para leluhur mereka. Dari kuliner ini saja telah muncul kreatifitas masyarakat yang masih serumpun, bisa hampir sama jenis masakkannya namun bahan hampir sama tapi penampilan berbeda, rasa produk hampir sama.

Utama mandiri sejahtera memahami bersama Haji Dwi Sugiarto  dalam hal masak memasak atau kuliner ini memperhatikan makanan khas daerah di Indonesia antara lain kuliner di pulau Jawa sekitarnya. Ada nasi pecel, gado-gado, karedok, kethoprak dan nasi uduk, semua jenis kuliner itu memakai sambal dan ada bahan kacang tanahnya. Inilah variasi seni budaya bangsa Indonesia yang terpengaruh pula kesuburan wilayah tempat inggal beliau-beliau dahulu. 

Nasi uduk adalah satu makanan khas betawi, DKI Jakarta yang mana mempunyai rasa special luar biasa dibanding makanan wilayah lain di Indonesia ini. Ciri-ciri nasi uduk adalah :
  1. Nasi dimasak dengan air santan kelapa, yang didalamnya ada rempah-rempah, batang serai, daun salam penyedap rasa dan wangi baunya, ada juga yang pakai cengkeh, jangan lupa garam secukupnya.
  2. Sambal bawang yang agak pedas dan dicampuri kacang tanah yang diulek / tumbuk halus, dengan air yang cukup agak cair.    
  3. Bihun biasa perlu ditambahkan secukupnya,
  4. Tempe kering (bhs Jawa) atau tempe orek (Bhs Betawi).
Itu pasangan kuliner yang selalu disukai oleh masyarakat betawi untuk sarapan pada umumnya pagi hari, karena harga sangat terjangkau Rp 3.000,- per bungkus. Kuliner ini pula yang menjadikan pertahanan ekonomi masyarakat bawah di Betawi ini , di Jakarta Raya ini bertahan hidup perlu kreatif dan berjuang tiada henti. Semoga contoh kuliner ini bermanfaat bagi para pembaca yang budiman mendapatkan berkah. Amin, Slam berkah sobat nusantara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar