Senin, 18 Maret 2013

Perjuangan harus dilanjutkan pasti ada jalan berhasil

Sebagai manusia yang bercita-cita, untuk kebaikan diri dan keluarga serta mengabdi untuk kemaslahatan umat dan ridho Allah, tiada lelah berjuang dan intropeksi untuk menguatkan perjuangan yang mulia dalam hasil yang maksimal. 

Dasar yang sempurna telah diajarkan Allah, "Jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka". Cita-cita mulia para penyuka kebenaran yang abadi, pasti "Bahagia di dunia dan bahagia di akherat, serta memohon dijauhkan dari siksa api neraka". Berdasarkan dua hal tersebut sangatlah ideal lagi penting untuk menguatkan perjuangan yang tiada habis tenaga dan semangat untuk mencapainya. Para pemimpin yang paling kecil dari diri sendiri dan keluarga sebagai komunitas terdekat, mesthi selalu menilai langkah dan hasil yang dicapai setiap saat. Tafakur (berfikir serius) dan intropeksi / evaluasi langkah yang telah dilalui benar atau tidak arahnya, hal ini penting untuk mengukur keberhasilan perjuangan yang telah dilakukan sampai detik ini.

Bila hasil belum maksimal atau tidak sesuai rencana? Lakukan penilaian yang menyeluruh dari hal-hal yang terkait, misalnya : 1. Penargetan apa sudah benar? 2. Rencana pencapaian target yang ditetapkan apakah tahapannya sudah benar? 3. Bahan atau permodalan yang dipakai nanti tersedia dengan komplit dan mudah untuk dipergunakan dengan efisien atau tepat guna?  4. Pelaksana dari rencana ini apa sudah jelas dan mengerti akan langkah-langkah yang harus ditempuh?  5. Pengawasan atau evaluasi yang dilakukan secara rutin dilakukan dan gagasan perbaikannya dilaksanakan? 6. Kembali periksa sasaran target itu tepat guna atau perlu perbaikan? 7. Bila ada perbaikan sosialisasikan lagi ke yang terkait dan ulangi tahap demi tahap. Semoga bermanfaat, lagi maju dahsyat luar biasa dalam segala perjuangan dan ridho Allah didapatkan, Amin.

Evaluasi atau intropeksi diri, inilah atom atau molekul yang sangatlah penting untuk dilakukan demi langkah dan perbuatan hari ini lebih baik dari kemarin, dan besok akan lebih mulia dari hari ini. Jadikan kami dan keluarga kami sakinah mawaddah wa rahmah. Amin. Salam berkah nusantara bersama banyumurni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar