Rabu, 13 Maret 2013

Budaya Adi Luhur Nusantara

Dwi Sugiarto, berdiri dalam kasih-sayangnya nenek moyang nusantara negriku tercinta Indonesia. Edi peni dalam perbuatan yang memberikan manfaat lebih luas di masa sekarang dan masa datang. Silaturahim tiada henti tuk diberlakukan dalam hidup ini yang penuh dengan perubahan dan pelajaran untuk peningkatan tarap hidup diri dan keluarga.

Pembaca yang budiman mendapatkan pelajaran yang sungguh super dahsyat luar biasa saat utama mandiri sejahtera memahami arti kata budaya adi luhur nusantara, ini adalah ciri khas bangsa Indonesia sejak masa kerajaan, perjuangan saat penjajahan negeri Eropa, Portugis, Belanda, Inggris bersama NICA dan Jepang. Kalau ditilik akan adanya sejarah peninggalan manusia purba yang pernah di temukan di daerah Sangiran Jawa, ini menunjukkan budaya di nusantara ini telah ada sejak jaman purba. Juga dapat diperhatikan akan adanya hasil karya sansekerta, tulisan jawa kuno dan modern berdasarkan cerita ajisaka. Juga dapat ditilik dari perkembangan kerajaan-kerajaan yang sejak jaman Syailendra, Sriwijaya, Majapahit, Mataram, Demak, hingga Mataram modern. Maka terlahirlah negeri tercinta ini di jaman modern ini yaitu NKRI Negara Kesatuan Republik Indonesia, hasil buah perjuangan para pahlawan yang juga berperan Soekarno-Hatta, sebagai bapak proklamator dan juga disebut dwi tungal proklamator negri tercinta ini.

Budaya adi luhur nusantara ini kalau kita perhatikan dengan sungguh-sungguh sangatlah banyak dan utama, yaitu dari sisi teologi yang selalu berkembang dengan menyesuaikan perkembangan jaman, mulai animisme, dinamisme, budha, hindu, kristen, islam, dst. Toleransi inilah yang menjadikan kuat dan besarnya persatuan dan kesatuan, dari sisi kepulauan, budaya yang berbeda-beda karena suku bangsa yang banyak. Tetaplah satu Indonesiaku jaya.

Salam berkah budaya adi luhur nusantara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar